Share

Putin Keluarkan Jalur Cepat untuk Warga Ukraina Pimdah Kewarganegaraan Rusia

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 18 2628540 putin-keluarkan-jalur-cepat-untuk-warga-ukraina-pimdah-kewarganegaraan-rusia-OMIf8DQftl.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto : Reuters)

MOSKOW – Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit yang memungkinkan setiap warga negara Ukraina mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia di bawah skema yang disederhanakan, Senin 11 Juli 2022 .

Tindakan itu juga berlaku untuk orang-orang tanpa kewarganegaraan yang secara permanen tinggal di Ukraina serta warga dua republik Donbass, yang sebelumnya diakui oleh Rusia sebagai negara merdeka.

Warga Ukraina sekarang dapat mengajukan permintaan yang relevan tanpa perlu tinggal di Rusia selama lima tahun, untuk memiliki sumber pendapatan atau untuk lulus tes bahasa Rusia, sesuatu yang biasanya harus dilakukan orang asing sebelum mereka dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia.

Seperti diberitakan RT, keputusan Putin itu mengubah prosedur yang sebelumnya diperuntukkan bagi warga Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk DPR dan LPR) serta penduduk dua wilayah Ukraina selatan yang telah berada di bawah kendali pasukan Rusia hampir sejak dimulainya konflik antara Moskow dan Kiev.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Sebelumnya pada 2019, prosedur yang disederhanakan diperkenalkan untuk orang-orang yang tinggal di wilayah yang dikendalikan oleh dua entitas Donbass, yang pada Februari diakui oleh Moskow sebagai negara berdaulat. Mereka dapat memproses dokumen kewarganegaraan mereka hanya dalam tiga bulan.

Pada Februari, 950.000 orang dilaporkan telah mengajukan aplikasi dan 770.000 di antaranya telah menjadi warga negara Rusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini