Share

Perjanjian Amerika Serikat dan Arab Saudi yang Terbentuk saat Kunjungan Presiden AS Joe Biden

Natalia Bulan, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 04:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 18 2630528 perjanjian-amerika-serikat-dan-arab-saudi-yang-terbentuk-saat-kunjungan-presiden-as-joe-biden-W6y7LbHien.jpg Kunjungan Presiden AS Joe Biden di Arab Saudi, Jumat (15/7/2022)/Reuters

JEDDAH - Amerika Serikat dan Arab Saudi membuat serangkaian perjanjian seperti mengeluarkan pasukan penjaga perdamaian dari pulau strategis dan lepas pantai Saudi dan Mesir hingga kerja sama dalam teknologi seluler.

Hal tersebut dibuat saat Presiden AS Joe Biden melakukan lawatan di Arab Saudi pada Jumat (15/7/2022).

Dikutip dari Reuters, saat itu Joe Biden mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior Arab Saudi termasuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Amerika Serikat menyambut baik perjanjian sebelumnya perihal percepatan peningkatan produksi minyak oleh OPEC+, sebuah kelpmpok yang mencakup Arab Saudi dan Rusia.

Pernyataan itu mengatakan AS dan penjaga perdamaian lainnya akan meninggalkan Pulau Tiran dan di mana mereka ditempatkan sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai pada tahun 1978 serta mengarah pada kesepakatan damai antara Israel dan Mesir.

Tiran terletak di antara Arab Saudi dan Mesir, di daerah strategis yang mengarah ke pelabuhan Israel Eilat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Washington juga menyambut baik langkah Arab Saudi untuk membuka ruang udaranya bagi pesawat sipil yang terbang dari dan ke Israel, yang sebelumnya dilarang dengan pengecuaian langka.

Perjanjian lainnya juga mencakup kesepakatan kerja sama teknologi seluler 5G dan 6G serta keamanan siber.

(bul)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini