Share

Panas Ekstrem Capai 40 Derajat Celcius, Inggris Umumkan Keadaan Darurat Nasional

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 18 2630645 panas-ekstrem-capai-40-derajat-celcius-inggris-umumkan-keadaan-darurat-nasional-iGdf0cDzzO.jpg Inggris umumkan keadaan darurat nasional karena panas ekstrem (Foto: Reuters)

LONDON – Bagian perkiraan cuaca Inggris Met Office pada Jumat (15/7/2022) mengumumkan keadaan darurat nasional, mengeluarkan peringatan 'Panas Ekstrem' merah untuk beberapa bagian Inggris untuk Senin (18/7/2022) dan Selasa (19/7/2022) minggu depan ketika suhu bisa mencapai rekor tertinggi.

Keadaan darurat nasional telah diumumkan setelah peringatan panas ekstrim merah dikeluarkan untuk pertama kalinya, karena suhu bisa mencapai 40C (104F).

"Luar biasa, mungkin memecahkan rekor, suhu kemungkinan terjadi pada hari Senin, kemudian lagi pada hari Selasa," kata Met Office di situs web mereka.

"Malam juga cenderung menjadi sangat hangat untuk Inggris, terutama di daerah perkotaan. Ini kemungkinan akan menyebabkan dampak luas pada manusia dan infrastruktur,” lanjutnya.

Baca juga: Pecah Rekor! Gelombang Panas Eropa Picu Kenaikan Suhu hingga 20 Derajat

Juru bicara Met Office Grahame Madge mengatakan kondisi itu berpotensi situasi yang sangat serius, dengan kemungkinan 50% suhu mencapai 40C - kemungkinan di sepanjang koridor A1, membentang dari London ke utara menuju Yorkshire dan Timur Laut.

 Baca juga: Tahun Ini, Perubahan Iklim Picu Gelombang Panas, Kekeringan, hingga Banjir Ekstrem

Peringatan tertinggi Kantor Met mencakup area termasuk London, Manchester dan York pada Senin (18/7/2022) dan Selasa (19/7/2022).

Ini berarti ada risiko terhadap kehidupan dan rutinitas sehari-hari perlu diubah.

Pembatasan kecepatan kemungkinan terjadi di jalur kereta api, beberapa sekolah akan tutup lebih awal dan beberapa janji dengan rumah sakit akan dibatalkan.

Di jalan, pemerintah berencana untuk menyebarkan pasir untuk mengurangi pencairan, dan RAC telah memperingatkan lebih banyak pengemudi akan membutuhkan bantuan karena mobil terlalu panas.

Awal pekan ini badan Badan Keamanan Kesehatan Inggris dan Kantor Met mengeluarkan peringatan kesehatan panas tingkat 3 untuk beberapa bagian negara, yang membutuhkan layanan sosial dan perawatan kesehatan untuk mengambil tindakan ekstra untuk melindungi yang rentan.

Peringatan merah, level 4, didefinisikan di situs web kantor Met tercapai ketika gelombang panas sangat parah dan/atau berkepanjangan sehingga efeknya meluas ke luar sistem perawatan kesehatan dan sosial. Pada tingkat ini, penyakit dan kematian dapat terjadi di antara yang bugar dan sehat, dan bukan hanya pada kelompok berisiko tinggi.

Di atas peringatan Met Office, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengeluarkan peringatan panas tingkat empat tertinggi untuk badan kesehatan dan perawatan - peringatan penyakit dan kematian dapat terjadi "di antara yang bugar dan sehat".

Para pemimpin NHS pada Jumat (15/7/2022) malam memperingatkan akan ada permintaan yang lebih besar untuk ambulans dan pasien bisa berisiko jika ditinggalkan di luar rumah sakit dengan kendaraan darurat dalam cuaca panas.

Dalam sebuah surat mereka mengatakan ambulans tidak boleh menunggu di luar unit gawat darurat lebih dari 30 menit sebelum menurunkan pasien.

Ini adalah pertama kalinya peringatan panas ekstrem dikeluarkan untuk beberapa bagian Inggris, meskipun sistem peringatan panas ekstrem baru diperkenalkan pada 2021.

Downing Street mengatakan peringatan itu diperlakukan sebagai darurat nasional. Pejabat bertemu pada Jumat (15/7/202) dan akan bertemu lagi selama akhir pekan untuk membahas tanggapan.

Cuaca pada awal minggu depan diperkirakan akan hangat di seluruh Inggris tetapi suhu akan lebih seperti 30C di Skotlandia dan Irlandia Utara, daripada suhu 30-an yang diprediksi di beberapa bagian Inggris dan Wales.

Gelombang panas - yang berasal dari Afrika utara - menyebar ke seluruh Eropa dan telah memicu kebakaran hutan di Portugal, Prancis, dan Spanyol.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Inggris adalah 38,7 derajat Celcius yang tercatat di Cambridge University Botanic Garden pada 25 Juli 2019. Presenter BBC Weather Matt Taylor mengatakan sekarang ada kemungkinan realistis mencapai 40C di Inggris.

"Itu sangat panas, jenis suhu yang jika Anda sedang berlibur mungkin bisa Anda atasi, tetapi dalam kehidupan sehari-hari itu bisa berdampak parah pada kesehatan," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini