Share

Malang Mulai Memberlakukan Kendaraan Plat Nomor Warna Putih

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 29 Juli 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 519 2638422 malang-mulai-memberlakukan-kendaraan-plat-nomor-warna-putih-DPmbX8M5Sy.jpg Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppy Anggi Khrisna/Avirista Midaada

MALANG - Pemberlakuan plat nomor polisi (Nopol) kendaraan bewarna hitam menjadi putih mulai diberlakukan di Kota Malang. Peralihan ini pun mulai diberlakukan sejak Senin 18 Juli 2022 yang lalu.

Menurut Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppy Anggi Khrisna, sudah ada seribu lebih kendaraan yang menggunakan plat nopol berwarna putih.

Data ini terhitung sejak diberlakukannya aturan plat nopol putih hingga Jumat pagi (29/7/2022).

"Sampai sekarang tercatat untuk roda empat atau mobil yang menggunakan plat putih sebanyak 704 unit. Sedangkan untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor tercatat sebanyak 655 unit," ucapnya saat ditemui wartawan.

Menurutnya, perubahan plat nopol kendaraan ini dilakukan saat waktu pembayaran pajak kendaraan.

Petugas secara otomatis menyediakan plat Nopol berwarna putih sebagai penggantinya. Sedangkan untuk pembelian kendaraan baru akan langsung menerima plat nomor putih.

Selama masa peralihan ini, bagi pengendara yang masih menggunakan plat nomor hitam bisa tetap tenang.

Sebab, penggunaan plat nomor hitam masih diperbolehkan dan petugas kepolisian dipastikan tidak melakukan penindakan jika belum waktunya ganti.

"Untuk kendaraan yang belum plat putih atau masih plat hitam masih boleh digunakan. Kami tidak akan menindak bagi kendaraan yang memang belum waktunya ganti plat putih. Sesuai periodenya 5 tahun, baru kami ganti yang putih," tuturnya.

Ia menerangkan jika peralihan plat nomor dari hitam ke putih ini tujuannya untuk memudahkan identifikasi kendaraan hingga mendukung program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik berbasis kamera.

"Ini sebenarnya untuk memudahkan mendeteksi, kamera ETLE. Selain itu, plat putih kan juga lebih mudah dilihat oleh mata. Namun keutamaannya untuk identifikasi, agar lebih mudah kameranya," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini