Share

Kapal Induk AS Bergerak ke Taiwan di Tengah Rencana Kunjungan Ketua DPR Pelosi

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 18 2640374 kapal-induk-as-bergerak-ke-taiwan-di-tengah-rencana-kunjungan-ketua-dpr-pelosi-fQgzxb0YGv.jpg Kelompok penyerang AS yang dipimpin USS Ronald Reagan. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Sebuah kelompok penyerang Amerika Serikat (AS), yang dipimpin oleh kapal induk USS Ronald Reagan, mungkin mendekati perairan Taiwan, menurut laporan kelompok pemantau semi-resmi China South China Sea Strategic Situation Probing Initiative (SCSPI) pada Senin (1/8/2022).

BACA JUGA: Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan Hari Ini, China Peringatkan Militernya 'Tak Akan Diam'

Laporan SCSPI itu muncul di saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukan tur Asia, dan singgah di Singapura sehari sebelumnya. Media melaporkan bahwa Pelosi dapat melakukan kunjungan mendadak ke pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai bagian dari turnya.

China mengecam keras rencana itu, menyebutnya sangat provokatif dan mengancam AS dengan "konsekuensi sangat serius" jika Pelosi memutuskan untuk mengunjungi Taiwan.

Menurut SCSPI, kelompok penyerang, yang terdiri dari USS Ronald Reagan, dua kapal Angkatan Laut lainnya dan Carrier Air Wing Five, yang terdiri dari pesawat tempur F/A-18, helikopter dan pesawat pengintai, saat ini mungkin berlokasi sekira 800 kilometer dari tenggara pantai Taiwan.

Kelompok penyerang itu melewati Luzon, pulau utama di Filipina dan terus menuju utara menuju Taiwan, kata SCSPI, demikian diwartakan RT.

BACA JUGA: Siap Melawat ke Asia, Ketua DPR AS Tak Sebut Akan Berkunjung ke Taiwan

Pekan lalu, pejabat Amerika yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada AP bahwa militer AS telah mengerjakan "rencana darurat" untuk pasukannya di kawasan Pasifik untuk menciptakan "cincin perlindungan yang tumpang tindih" untuk Pelosi selama kemungkinan penerbangannya ke Taiwan dan selama dia berada di sana karena kemungkinan insiden yang berkaitan dengan tindakan China.

AP juga mencatat bahwa AS memiliki cukup pasukan yang tersebar di sekitar kawasan Pasifik, dan Pentagon pada akhirnya mungkin menggunakannya untuk perlindungan tambahan selama dugaan perjalanan tersebut. Kantor berita tersebut secara khusus menyebut kapal induk AS USS Ronald Reagan dan kelompok penyerangnya.

Pada Minggu (31/7/2022) Pelosi mengumumkan bahwa, selain Singapura, dia berencana untuk mengunjungi Malaysia, Korea Selatan dan Jepang sebagai bagian dari tur Asia-nya, dengan Taiwan tidak masuk dalam daftar.

Namun, surat kabar yang dikelola pemerintah China, Global Times, pada Minggu menyarankan bahwa "masih mungkin Pelosi ingin melakukan langkah berisiko dan berbahaya dengan mencoba mendarat di bandara Taiwan dengan alasan darurat seperti kesalahan pesawat atau pengisian bahan bakar."

Sumber mengatakan kepada penyiar Taiwan TVBS bahwa Ketua DPR AS dapat mendarat di pulau itu pada Selasa, dengan reservasi untuk delegasinya diduga telah dilakukan di sebuah hotel bintang lima.

Taiwan telah memiliki pemerintahan sendiri sejak 1949, tetapi tidak pernah secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari China, dengan Beijing menganggapnya sebagai bagian dari wilayahnya di bawah kebijakan Satu China.

Meskipun mengklaim bahwa mereka menghormati kebijakan Satu China, Washington mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat dengan pulau berpenduduk 23,5 juta itu, menjual senjata ke Taipei dan mendukung dorongannya untuk berpisah dengan Beijing.

China telah lama marah oleh kontak-kontak itu, dengan mengatakan bahwa tindakan itu melanggar kedaulatannya dan hanya meningkatkan ketegangan di kawasan. Jika Pelosi benar-benar mendarat di Taiwan, dia akan menjadi pejabat tinggi Amerika sejak Ketua DPR Newt Gingrich mengunjungi pulau itu pada 1997.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini