Share

Kebakaran Besar-besaran Hutan California, 2 Orang Meninggal Terjebak di Dalam Mobil

Susi Susanti, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 18 2640523 kebakaran-besar-besaran-hutan-california-2-orang-meninggal-di-dalam-mobil-lTbVcxowIi.jpg Kebakaran hutan California (Foto: AFP)

CALIFORNIA - Dua orang ditemukan meninggal di tengah kebakaran hutan besar yang memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka di California utara.

Mayat kedua korban ditemukan di dalam mobil di jalan masuk sebuah properti yang terbakar.

Sheriff Kabupaten Siskiyou Jeremiah LaRue mengatakan kepada ABC News bahwa kedua orang itu tampaknya berusaha melarikan diri. Identitas dua orang yang tewas tidak akan dirilis sampai keluarga mereka diberitahu.

Baca juga: Kebakaran Hutan Meluas hingga 207 Km Persegi di California AS, Terbesar Tahun Ini

Kebakaran McKinney telah membakar lebih dari 55.000 hektar, menjadikannya yang terbesar di California tahun ini.

 Baca juga: Kebakaran Lahan Oak Fire California Makin Besar, Ribuan Penduduk Dievakuasi

Gubernur California Gavin Newsom telah menyatakan keadaan darurat atas kebakaran, yang dimulai pada Jumat sore (29/7/2022) sebelum kebakaran semakin membesar karena kombinasi bahan bakar kering setelah kekeringan, angin kencang dan sambaran petir.

Sekitar 650 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk berjuang menahan api, namun hanya sedikit keberhasilan. Para pejabat mengatakan pada Senin (1/8/2022) bahwa api sudah itu "0% terkendali", karena rujan ringan semalam telah mencegah api menyebar lebih cepat.

Akibatnya, lebih dari 2.000 penduduk kawasan sekitar Hutan Nasional Klamath disuruh mengungsi.

Harlene Althea Schwander, seorang seniman, yang baru saja pindah ke rumah barunya di dekat titik awal kebakaran sebulan yang lalu belum membongkar semua barangnya.

"Tiga generasi hal-hal indah, semua lukisan saya semuanya hilang," katanya kepada Reuters.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Ketika saya melihatnya datang dari pusat komunitas, dan saya melihatnya meledak dalam gelap. Saya tahu rumah itu hilang,” lanjutnya.

"Pemadam kebakaran datang dan memberi tahu saya, 'pergi saja sekarang,” ujarnya.

Meskipun ukurannya sangat besar, kebakaran di McKinney jauh lebih kecil daripada kebakaran Dixie tahun lalu, yang membakar ratusan ribu hektar dan menjadi kebakaran hutan terbesar kedua yang pernah tercatat di California.

Oak Fire, jauh di selatan dekat Taman Nasional Yosemite, masih menyala setelah lebih dari seminggu - meskipun sekarang telah dikendalikan dan tidak lagi ada percikan api.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim meningkatkan risiko cuaca panas dan kering yang kemungkinan akan memicu kebakaran hutan.

Kebakaran McKinney terjadi saat dua negara bagian Pantai Barat Amerika lainnya memecahkan rekor untuk jumlah hari panas ekstrem terbanyak berturut-turut.

Pejabat Oregon mengatakan mereka telah melihat 10 kematian yang mereka yakini terkait dengan gelombang panas.

Seattle, Washington, pada Minggu (31/7/2022) mencatat hari keenam berturut-turut suhu di atas 90F.

Sangat sedikit penduduk di wilayah Pasifik Barat Laut AS yang biasanya sejuk memiliki AC di rumah mereka.

Lebih banyak orang Amerika meninggal setiap tahun karena panas yang ekstrem daripada karena peristiwa terkait cuaca lainnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini