Share

Kebakaran Lahan Oak Fire California Makin Besar, Ribuan Penduduk Dievakuasi

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 18 2636603 kebakaran-lahan-oak-fire-california-makin-besar-ribuan-penduduk-dievakuasi-c0NOj6uqsl.jpg Sebuah mobil hangus akiba kebakaran lahan Oak Fire, Kabupaten Mariposa, California, Amerika Serikat, 25 Juli 2022. (Foto: Reuters)

MARIPOSA - Pihak pemadam kebakaran mengerahkan pesawat udara tanker, buldoser, dan sejumlah petugas untuk melawan kobaran api yang membesar secara cepat di sebelah barat Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (24/7/2022).

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Landa California, Ancam Pohon-Pohon Tertua di Dunia

Api secara tiba-tiba membesar dan menyebabkan kebakaran dan menjadikannya salah satu yang terbesar pada tahun ini dan memaksa ribuan orang untuk dievakuasi, demikian dilansir dari VOA Indonesia.

Dipicu oleh panas yang ekstrem dan tanaman kering, kebakaran yang dijuluki Oak Fire ini mulai terjadi sejak Jumat (22/7/2022) dan mendekat sampai sekira 0,8 kilometer dari Mariposa Pines, kota berpenduduk 1.400 jiwa. Kebakaran tersebut kini hanya berjarak 16 kilometer dari Yosemite, yang terkenal dengan pohon sequioa raksasa dan tua di dalamnya.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Dahsyat Paksa Evakuasi Ratusan Orang di Spanyol

Pada Minggu pagi, api sudah melalap sekitar 5.789 hektar lahan, lebih dari setengah luas kota Paris, dan sama sekali belum dapat dipadamkan, demikian keterangan yang disampaikan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran Hutan California.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih dari 3.000 orang telah diperintahkan untuk mengungsi, dan 2.000 orang lainnya kini tinggal di wilayah yang rawan dari kebakaran tersebut dan sewaktu-waktu mereka dapat diperintahkan untuk mengungsi, ujar juru bicara departemen tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini