Share

Puting Beliung Terjang Sukabumi, Puluhan Rumah dan Majelis Taklim Rusak

Dharmawan Hadi, iNews · Senin 15 Agustus 2022 03:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 525 2647784 puting-beliung-terjang-sukabumi-puluhan-rumah-dan-majelis-taklim-rusak-jRcjRM3fXB.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

SUKABUMI - Sebanyak 38 rumah dan 1 majelis taklim rusak akibat diterjang puting beliung di Desa Bojongasih dan Desa Sukakeesa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (14/8/2022). Jumlah tersebut diperkirakan bertambah karena puting beliung juga menerjang desa yang lain.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak, Jujun Junaedi mengatakan kejadian angin puting beliung tersebut pertama terjadi di Kampung Garduh RT 10/02, Desa Bojongasih, Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi, dengan dampak kepada 19 rumah 1 majelis taklim yang mengalami kerusakan.

"Lalu di tempat kedua angin puting beliung terjadi di Kampung Pasirbuntung RT 04/02, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Sebanyak 19 rumah mengalami rusak sedang dan ringan," ujar Jujun kepada MNC Portal Indonesia.

Jumlah tersebut, lanjut Jujun, belum termasuk dua desa lain yang masih berada di Kecamatan Parakansalak. Dua desa tersebut, Desa Sukatani dan Desa Bojonglongok yang masih dalam pendataan petugas terkait jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung.

Sementara itu Kapolsek Parakansalak Polres Sukabumi, Iptu Dodi Irawan mengatakan bahwa angin puting beliung juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan ada yang menimpa rumah warga di Kampung Lamping RT 01/02, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

"Pohon yang tumbang akibat diterjang puting beliung tersebut menimpa 2 rumah warga Kampung Lamping. Pertama rumah pak Ocid (35) lalu rumah milik pak Toni (45). Keduanya mengalami kerusakan pada bagian atapnya," ujar Dodi, Minggu (14/8/2022) malam.

Lebih lanjut Dodi mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian materi akibat insiden 2 rumah tersebut, diperkirakan sebesar Rp5 juta. Saat ini petugas gabungan beserta warga setempat sudah mengevakuasi pohon yang menimpa rumah warga tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini