Share

Duh! Merah Putih Tak Berkibar di Depan Gibran saat Upacara HUT RI karena Tali Putus

Bramantyo, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 512 2649410 duh-merah-putih-tak-berkibar-di-depan-gibran-saat-upacara-hut-ri-karena-tali-putus-c8TXH3OfRB.jpg Bendera Merah Putih tak berkibar karena tali putus

SOLO- Insiden mewarnai jalannya detik-detik Proklamasi di Kota Kelahiran Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). Dimana pengait tali di tiang upacara yang dipusatkan di Stadion Sriwedari, Solo itu terputus.

(Baca juga: HUT Ke-77 RI, Densus 88 Operasi di DKI, Sumsel dan Jambi Tangkap 5 Teroris)

Akibat putusnya tali di tiang bendera, upacara HUT RI ke 77 di Kota Solo dilaksanakan tanpa mengibarkan bendera Merah Putih.

Putusnya tali saat bendera hendak di kibarkan membuat tamu undangan yang hadir saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ri 77 terkejut. Termasuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) itupun tak bisa berbuat apa-apa.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tetap mengapresiasi dan memberi dukungan pada Paskibraka yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

β€œAda yang rusak tadi centelane (pengaitnya), nggak apa-apa untuk adik-adik yang kemarin saya kukuhkan yang sudah bekerja keras berlatih setiap hari pagi siang sore sudah nggak kehitung itu geladinya berapa kali, tapi yang namanya kejadian semacam ini kadang-kadang kita nggak bisa memprediksi yang penting tetap semangat,” kata Gibran, Rabu (17/8/2022).

Gibran pun tetap menganggap upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 di kota yang dipimpinnya ini berjalan dengan sukses.

β€œWis pokoknya tetap jalan terus, ya kesalahan-kesalahan kecil saya mohon maaf. Yang penting adik-adik Paskibraka tetap semangat semua,” tutupnya.

Tangis haru mewarnai stadion lantaran upacara bendera terpaksa dilakukan tanpa adanya pengibaran sang saka merah putih.

Meski begitu, pengerek bendera Muhammad Naban Haikal Fikri, Muhammad Fashadhiya Ulhaq pembentang bendera, dan pembawa bendera Albert Maulana dengan penuh hikmat tetap membentangkan Bendera Pusaka hingga lagu Indonesia Raya selesai di kumandangkan.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Tepuk tangan pun bergema di stadion Sriwedari. Air mata tak terasa menetes saat melihat kesigapan serta profesionalisme pasukan Paskibra menyelamatkan sang Saka Merah Putih agar tetap berkibar meski bukan ditiang bendera.

Untuk pertama kali pasca Covid-19, peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI harus rela tanpa berkibarnya Sang Saka Merah Putih di angkasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini