Share

Abaikan Berbagai Kecaman, Wanita Arab Berjilbab Ini Tak Pernah Gentar Bermain Sirkus dan Akrobat

Susi Susanti, Okezone · Kamis 08 September 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 18 2663705 abaikan-berbagai-kecaman-wanita-arab-berjilbab-ini-tak-pernah-gentar-bermain-sirkus-dan-akrobat-M6Dk6qFyN5.jpg Wanita Arab di Israel ini tak gentar bermain sirkus dan akrobatik (Foto: Reuters)

ISRAEL - Mengabaikan berbagai kecaman, seorang perempuan Arab di Israel serius menekuni dunia sirkus dengan mengenakan jilbab.

Namanya Lara Assadi, warga Deir Al-Assad, sebuah kota di Israel yang mayoritas penduduknya keturunan Arab. Pekerjaan sehari-hari perempuan berusia 24 tahun ini adalah guru bahasa Inggris, namun hobinya adalah berakrobatik di udara.

Kegemarannya beraksi sebagai manusia feksibel yang dengan mudah meliuk-liukkan tubuhnya atau contortionist sebetulnya lebih dari sekadar hobi. Di saat senggang ia juga tampil di sebuah klub sirkus di kotanya.

Baca juga: Aktris Irak Tuntut Surat Kabar Inggris Usai Fotonya Dipakai untuk Ilustrasi Wanita Gemuk di Arab

Menggeluti hobinya yang satu ini bukanlah persoalan mudah. Ini terkait agama Islam yang dianutnya dan caranya berpakaian. Ia kerap dikritik, namun itu tak menghalanginya untuk terus tampil.

Baca juga: Pelatih Sirkus yang Hamil Diserang Beruang, Penonton Anak-Anak Teriak Ketakutan 

“Salah satu komentar yang saya dapatkan beberapa tahun yang lalu dan tidak akan pernah saya lupakan dan masih ada di kepala saya adalah bahwa 'kamu mendistorsi citra Islam', atau bahwa 'pakaian kamu tidak pantas' dan banyak lagi komentar lainnya. Saya mengerti pakaian saya tidak sempurna dan hidup saya tidak sempurna, jika sempurna saya tidak akan menjadi manusia, saya akan menjadi malaikat. Tidak ada yang sempurna dan saya hanya mewakili diri saya sendiri dan bukan kelompok tertentu dalam masyarakat," jelasnya, dikutip VOA.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Assadi tertarik pada dunia yang satu ini sejak sekolah dasar. “Ketika saya masih di sekolah dasar, di kelas 2 atau 3 dan saya masih sangat muda, ada banyak kegiatan di sekolah. Sebuah grup sirkus tampil untuk kami dan itu adalah grup di mana saya bergabung saat ini. Saya senang menonton pertunjukan sirkus dan saya paling menikmati pertunjukan fleksibilitas,” lanjutnya.

Assadi mendapat dukungan keluarganya. Saudara laki-lakinya bahkan pernah ikut bergabung dalam klub sirkusnya.

"Keluarga saya selalu menjadi yang pertama menghadiri sebagian besar pertunjukan saya. Mereka tidak menentang apa yang saya lakukan dan mereka tidak memberi tahu saya bahwa ini tidak dapat diterima. Saya dibesarkan dengan cara seperti itu,” ujarnya.

Assadi berharap apa yang dilakukannya dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan gender dan menginspirasi perempuan untuk mengejar cita-cita mereka.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini