Share

Tersangka KPK, Gubernur Lukas Enembe Berobat ke Luar Negeri

Tim Okezone, Okezone · Selasa 13 September 2022 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 340 2666760 tersangka-kpk-gubernur-lukas-enembe-berobat-ke-luar-negeri-6fkLMb7krC.jpg Lukas Enembe di Istana (Foto: Dok Okezone)

JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe sudah meminta izin Kemendagri untuk berobat ke luar negeri setelah ditetapkan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Tim Penasehat hukum Gubernur Papua, Roy Rening mengatakan bahwa kondisi Lukas Enembe mendapat izin melakukan pengobatan rutin di luar negeri dari Kemendagri.

"Jadi beliau sudah dapat surat ijin berobat dari Bapak Mendagri, sehingga dengan kondisi saat ini, beliau harus berangkat berobat kembali. Hanya saja karena bertepatan dengan pemanggilan oleh pihak KPK, maka ditangguhkan," kata Roy, Senin 12 September 2022.

"Gubernur mau mendengar pendapat kami untuk tidak pergi dahulu, karena bisa saja jika berangkat ke luar negeri hari ini maka KPK akan melakukan pendekatan, dengan tuduhan hendak kabur," imbuhnya.

Dia menerangkan, penetapan KPK terhadap kliennya itu prematur. Pasalnya, Lukas Enembe belum pernah diperiksa terkait gratifikasi Rp1 miliar yang dituduhkan.

Baca juga: Bekukan Rekening Milik Lukas Enembe, Ini Penjelasan PPATK

"Dengan demikian penetapan Gubernur Lukas Enembe sebagai tersangka cacat prosedural dan formil," sambung Roy.

Baca juga: Ditetapkan Tersangka, PPATK Blokir Rekening Jumbo Gubernur Papua Lukas Enembe

Ia menambahkan bahwa Gubernur Papua menyatakan tidak takut untuk diperiksa lembaga antirasuah lantaran Lukas Enembe tidak pernah memakan uang rakyat.

"Kalau Bapak Gubernur sudah pulih, beliau siap diperiksa, apakah di Jakarta atau di Papua. Beliau menyatakan tidak takut KPK," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini