Share

Cabuli Anak Tirinya Selama 4 Tahun, Ayah di Kota Batu Terancam Hukuman Tambahan

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 21 September 2022 05:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 519 2671671 cabuli-anak-tirinya-selama-4-tahun-ayah-di-kota-batu-terancam-hukuman-tambahan-MDooQRF7Pd.jpg Ayah cabuli anak tiri di Batu. (MNC Portal)

KOTA BATU - Polisi telah melengkapi berkas pemeriksaan kasus ayah mencabuli anak tirinya di Batu, Jawa Timur. Tersangka Widianto (42) warga Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, tega menyetubuhi anak tirinya sendiri selama empat tahun sejak duduk di bangku kelas VII SMP.

Kapolres Malang AKBP Oskar Syamsuddin mengungkapkan, saat ini proses penyidikan sudah dilakukan dengan pemberkasan dan pengiriman berkas perkara ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu.

"Jadi dari kepolisian sudah melakukan penyelidikan dan sudah dikirimkan berkas yang ditangani ke JPU. Jadi sudah tahap satu," ucap Oskar Syamsuddin, saat rilis di Mapolres Batu, pada Selasa (20/9/2022).

Ia menyatakan, nantinya polisi melengkapi berkas pemeriksaan dan penyidikan sebelum akhirnya menunggu surat lengkap dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kota Batu.

"Jadi nanti tinggal menunggu dari surat kejaksaan, hasil penelitiannya jika memang sudah lengkap dianggap P21, kita bisa langsung melakukan tahap dua pengiriman tersangka dan barang bukti," ucapnya.

Sementara itu akibat perbuatannya, Widianto terancam hukuman tambahan dari aparat penegak hukum. Sebab status tersangka yang merupakan orang tua dari SYS, kendati hanya ayah tiri. Pria 42 tahun ini dijerat Pasal 81 ayat (3) juncto 76D dan Pasal 82 ayat 2 juncto 76E UU RI Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 23 tahun 2002 yang telah dirubah kedua UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 64 KUHP, dengan ancaman penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp 5 miliar.

"Karena dilakukan oleh orang tua, wali, pengasuh anak, pendidik, atau tenaga kependidikan. Maka pidananya ditambah sepertiga dari ancaman pidana," ungkap Oskar.

Sebagaimana diberitakan, Widianto ayah di Kota Batu tega memperkosa anak tirinya selama empat tahun. Aksinya itu ia lakukan dengan mengiming-imingi korbannya dibelikan handphone baru. Tersangka diamankan di rumahnya dan telah menjalani serangkaian pemeriksaan dan ditahan di Mapolres Batu.

Total ada 7 kali Widianto, melakukan perbuatan bejatnya sejak SYS duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII. Aksi bejatnya ini dilakukan karena nafsu birahinya terhadap sang anak tirinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini