Share

4 Tokoh Dunia yang Meninggal di dalam Penjara: Stres hingga Diserang Sesama Narapidana

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Senin 26 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 18 2674567 4-tokoh-dunia-yang-meninggal-di-dalam-penjara-stres-hingga-diserang-sesama-narapidana-QGc24ZbaAD.jpg Ilustrasi/ Doc: Freepik

JAKARTA - Terdapat beberapa tokoh yang meninggal di dalam penjara. Mereka berada di dalam penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang dilakukannya, seperti tindak pembunuhan dan penggelapan pajak. Penyebab meninggalnya tokoh di dalam penjara beragam, ada yang karena diserang sesama narapidana hingga sakit.

Berikut tokoh yang meninggal di dalam penjara:

 BACA JUGA:Pikap Muatan Durian Masuk Jurang di Pesisir Barat, 1 Orang Tewas

1. Yvan Colonna (Tokoh Nasionalis Korsika)

Tokoh nasionalis Korsika, Yvan Colonna, tewas usai diserang di penjara Arles, Prancis. Colonna dipenjara lantaran membunuh seorang pejabat tinggi Korsika pada 1998. Pada 2003, Colonna berhasil ditangkap pihak kepolisian setelah lima tahun buron. Atas perbuatannya, ia pun dijatuhi hukuman seumur hidup.

Namun, pada Rabu (2/3/2022), Colonna diserang oleh sesama narapidana. Akibat serangan tersebut, Colonna mengalami koma sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit di Marseille, Prancis. Akan tetapi nyawanya tak bisa terselamatkan.

 BACA JUGA:Pengakuan Tahanan Perang Rusia: Saya Diperlakukan Lebih Buruk dari Anjing

2. Essam El-Erian (Tokoh Ikhwanul Muslimin)

Essam El-Erian yang merupakan tokoh Ikhwanul Muslimin meninggal dunia di penjara Tora, Mesir pada Agustus 2020. Erian meninggal dunia setelah menderita serangan jantung. Ia ditangkap usai kudeta militer terhadap mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi pada 2013.

Kemudian Erian pun dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah penggulingan Morsi. Erian dipindahkan ke rumah sakit penjara usai menderita serangan jantung hingga meninggal dunia ketika perawatan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Shady Habash (Sutradara Mesir)

Shady Habash adalah seorang sutradara yang meninggal dunia di penjara Tora, Mesir pada Mei 2020. Menurut sang pengacara, kesehatan Habash memburuk selama beberapa hari. Habash dirawat inap lalu kembali ke penjara pada sore harinya dan meninggal dunia pada malam hari.

Pada Maret 2018, Habash dituduh menyebarkan berita bohong serta terlibat dalam sebuah organisasi ilegal. Ia ditangkap usai menyutradarai video musik untuk lagu Balaha oleh penyanyi rock, Ramy Essam. Lirik lagunya mengkritik Balaha. Balaha adalah julukan yang diberikan kepada Presiden Mesir Abdel Fattah el Sissi oleh para pembangkangnya.

 BACA JUGA:Heboh Prajurit TNI AL Dilarang Main Tiktok hingga Bigo Live, Ini Penjelasan Kadispenal

4. John McAfee (Pendiri Antivirus McAfee)

Pendiri antivirus McAfee, John McAfee, meninggal dunia di penjara Barcelona, Spanyol pada Juni 2021. Menurut pengacara McAfee, kliennya meninggal dunia gantung diri lantaran tertekan menjalani hukum penjara.

Ia digugat dengan beberapa tuduhan, mulai dari penipuan mata uang Kripto di New York hingga penggelapan pajak. Ia berhasil ditangkap pada Oktober 2021 di Bandara Barcelona, Spanyol ketika akan terbang ke Turki menggunakan paspor Inggris.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini