Share

Sempat Macet Pascakecelakaan Beruntun, Lalin di Tol Malang Pandaan Kembali Normal

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 25 September 2022 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 519 2674735 sempat-macet-pascakecelakaan-beruntun-lalin-di-tol-malang-pandaan-kembali-normal-41cHOtqKVD.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

MALANG - Arus lalu lintas (lalin) di jalan tol Malang - Pandaan berangsur-angsur lancar pasca kecelakaan beruntun yang terjadi pada Minggu sore (25/9/2022). Lima kendaraan yang terlibat kecelakaan berhasil dievakuasi dengan mobil derek ke kantor PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) di Purwodadi.

General Manager Operasional Jasamarga Pandaan Malang, Indrawan Agustono mengakui pasca adanya dua kecelakaan termasuk kecelakaan beruntun di KM 77, arus lalu lintas di tol dari Malang menuju Pandaan, tepatnya di Lawang, Kabupaten Malang, sempat macet parah. Kemacetan bahkan terjadi sampai KM 79 pada Minggu malam.

"Antrian kendaraan sampai kurang lebih dua kilometer lebih hingga KM 79. Tidak ada pengalihan jalur, hanya buka tutup lajur saja," kata Indrawan Agustono saat dikonfirmasi MPI, pada Minggu (25/9/2022) malam.

 BACA JUGA:Ini Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Malang yang Tewaskan Satu Orang

Sementara itu, Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung menuturkan, pasca dievakuasinya enam kendaraan yang terlibat dua kecelakaan di tol Malang Pandaan (MaPan) mulai berangsur-angsur lancar. Proses evakuasi dibantu mobil derek dari PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) selaku operator tol Malang Pandaan.

"Selanjutnya untuk situasi terkini mulai lancar untuk evakuasi sudah dilakukan, dibantu derek dari Jasamarga dan juga pengaturan dari unit Laka Lantas dibantu rekan-rekan satlantas lainnya dibantu PJR Polda Jatim 4, dalam pengaturan lalin," ucap Agnis.

 BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Pandaan Malang Libatkan 5 Kendaraan, Ada Bus hingga Truk Tangki BBM

Tercatat hingga pukul 21.00 WIB, ekor kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan pasca kecelakaan perlahan-lahan mulai terurai. Bahkan beberapa petugas dari Satlantas Polres Malang dan unit PJR IV Polda Jawa Timur telah membuka kembali arus lalu lintas, pasca evakuasi.

"Kendaraan mulai normal dan segera mengembalikan arus lalin akan dibuka kembali, agar tidak ada kepadatan atau ekor dari kepadatan arus yang masih sekarang terjadi, mungkin ada 500 meter dari tempat kejadian, namun segera dilakukan pengendalian arus," tukasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya diberitakan pada Minggu sore terjadi kecelakaan beruntun yang mengakibatkan lima kendaraan di tol Malang Pandaan lajur B atau dari Malang ke Surabaya. Kecelakaan melibatkan satu bus Patas Restu, dua mobil pribadi, dan dua mobil truk tangki BBM Pertamina.

Kecelakaan disebabkan bus Restu yang melaju kencang hilang kendali saat terjadi kepadatan lalu lintas yang sebelumnya terjadi kecelakaan melibatkan mobil elf di KM 77. Bus Restu yang melaju kencang dari sisi kanan lantas menuju kiri berusaha menyalip kendaraan di depannya.

Tetapi manuver sang sopir ini justru menabrak empat mobil yang ada di depannya yang melaju pelan. Akibatnya bus itu menghantam satu truk tangki BBM Pertamina sehingga menyebabkan sang sopir tewas seketika di lokasi kejadian.

Sementara tiga orang penumpang bus dilaporkan luka parah dan dievakuasi ke RSUD Lawang. Sedangkan empat pengemudi yang kendaraannya ditabrak bus Restu selamat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini