Share

Kawasan Hutan Utara Gunung Ciremai Terbakar

Yudi R Sudirman, MNC Portal · Minggu 25 September 2022 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 525 2674674 kawasan-hutan-utara-gunung-ciremai-terbakar-8NDyQgyt0M.jpg Gunung Ceremai terbakar (foto: dok ist)

KUNINGAN – Setelah mengalami kebakaran pada awal bulan September 2022, atau pada tanggal 1 silam, memasuki penghujung bulan September api kembali berkobar di kawasan utara hutan Gunung Ciremai, tepatnya pada Minggu (25/9/2022), sekitar pukul 12.30 WIB.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Teguh Setiawan, kepulan asap atau titik api pertama kali terlihat di Blok Jalan Maling, wilayah Desa/Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, sekitar pukul 12. 30 WIB.

 BACA JUGA:BMKG Minta Warga NTT Waspada Potensi Karhutla

Saat waktu merambah semakin sore, kata Teguh, api menyebar ke arah bawah menuju Blok Cileutik, dan arah atas ke Blok Karang Dinding.

Melihat peristiwa itu, lanjut Teguh, kurang lebih 100 orang, yang terdiri dari unsur TNGC, Masyarakat Peduli Api, Paguyuban Kelompok Tani Hutan, Babinsa, Babinkamtibmas, serta Aparat Desa Pasawahan langsung terjun ke lokasi titik api, untuk melakukan upaya pemadaman.

 BACA JUGA:BNPB: 14 Kali Banjir dan 5 Karhutla Terjadi pada Pekan Ini

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Setelah melakukan upaya pemadaman dari siang, sekitar pukul 19.30 WIB api mulai bisa dikendalikan, tinggal mop up sisa-sisa bara yang banyak tersebar di areal terpisah jauh,” kata Teguh.

Menurut Teguh, saat ini pihak TNGC beserta tim tengah melakukan tindakan mencari, memadamkan sisa api sekecil apapun, atau tindakan sapu bersih pada bahan bakar yang masih menyala di area kebakaran, paska dilakukannya pemadaman.

“Kami belum bisa memberikan keterangan secara rinci luas area kebakaran, serta laporan lainya. Meningat, hingga saat ini kami masih berada di lokasi kebakaran. Nanti, setelah semuanya selesai pasti kami infokan secara komplit, lengkap dengan releasenya,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini