Share

Kebakaran Hanguskan Rumah di Malang, Penghuni ODGJ Tewas Terbakar

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 27 September 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 519 2675784 kebakaran-hanguskan-rumah-di-malang-penghuni-odgj-tewas-terbakar-Hu2lBWethW.jpg Rumah terbakar di Malang tewaskan satu orang penghuni. (Foto: Avirista Midaada)

MALANG - Rumah yang ditinggali orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Malang, ludes dilalap api. Kebakaran disebabkan oleh salah satu penghuni rumah yang juga penderita ODGJ menyalakan kompor.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sejak pukul 08.30 WIB di rumah Suwoto warga RT 18 RW 3 Dusun Krajan, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, pada Selasa (27/9/2022) pagi. Saat kejadian rumah milik Suwoto hanya ditinggali oleh Nukiyan (65)

Sekretaris Desa Ngabab Raga Canigia Renaldi membenarkan adanya kebakaran yang membuat satu warganya meninggal dunia. Korban Nukiyan merupakan anggota keluarga Suwoto. Saat itu Nukiyan tengah ditinggal di dalam rumah sendiri karena sang pemilik rumah bersama penghuni lainnya tengah beraktivitas di ladang.

"Korban lalu menyalakan tungku kompor dan ditinggal tidur, karena api tak terkontrol akhirnya membesar dan menyambar tumpukan kayu bakar dan merambat ke bagian rumah," ucap Raga Canigia, saat dikonfirmasi pada Selasa siang.

 Baca juga: Kebakaran di Cikini Berasal dari Kompor Produksi Bubur Ayam

Api lantas membakar bagian dapur dan seluruh isi rumah. Api yang membesar juga membakar korban yang tengah tidur di kamar hingga meninggal dunia. Evakuasi pun berlangsung dramatis karena besarnya api membuat warga panik. Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dikerahkan ke lokasi.

"Satu rumah yang terbakar, kerugian mencapai Rp60 juta karena seluruh rumah dan isinya hangus terbakar. Termasuk Nukiyan yang tengah tidur juga meninggal dengan kondisi luka bakar 100 persen," ucap dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, Kabid pencegahan dan penanggulangan kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang Goly Karyanto menyatakan, pihaknya mengerahkan tiga unit mobil Damkar dari regu dua sesaat setelah menerima informasi kebakaran pada pukul 08.45 WIB. Setelah berjuang hampir satu jam, api di rumah milik Suwoto berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.00 WIB.

"Sampai lokasi sekitar 09.30 WIB, pukul 10.00 WIB api sudah berhasil dipadamkan. Kebakaran ini menghanguskan satu rumah milik Suwoto dan satu penghuninya meninggal dunia," kata Goly Karyanto secara terpisah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini