Share

Dampak Perang Dunia I di Berbagai Bidang Kehidupan, Politik hingga Ekonomi

Nadilla Syabriya, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680503 dampak-perang-dunia-i-di-berbagai-bidang-kehidupan-politik-hingga-ekonomi-E4ouRSCJER.jpg Dampak Perang Dunia I di berbagai bidang kehidupan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perang Dunia I menandai konflik besar pertama berskala internasional di abad kedua puluh. Perang berskala global yang terpusat di Eropa ini berlangsung selama hampir 4 tahun, tepatnya dari tanggal 18 Juli 1914 hingga 11 November 1918.

Pembunuhan Archduke Franz Ferdinand, pewaris mahkota Austro-Hungaria, dan istrinya, Archduchess Sophie, di Sarajevo pada 28 Juni 1914, menjadi pencetus permusuhan, yang dimulai pada Agustus 1914, dan berlanjut di beberapa front selama empat tahun berikutnya.

Baca juga: 5 Daftar Tokoh Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia I

Dampak Perang Dunia I pun melebihi konflik yang pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. Dengan korban mencapai lebih dari 9 juta tentara, pelaut, dan penerbang, serta 5 juta warga sipil lain.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah, Konferensi Perdamaian Dimulai di Paris Usai Perang Dunia I 

Konflik ini melibatkan setidaknya 28 negara, dan menghabiskan lebih dari 186 miliar dollar AS dalam biaya langsung dan 151 miliar dollar AS biaya secara tidak langsung.

Melansir dari laman Study, berikut adalah pembahasan mengenai dampak dari Perang Dunia I dalam berbagai bidang. Yuk simak!

1. Bidang Ekonomi

Dampak ekonomi utama dari akhir Perang Dunia I adalah hilangnya uang dan sumber daya. Negara-negara yang terlibat harus menginvestasikan banyak sumber daya dalam senjata, memperkuat tentara mereka, dan mengembangkan keunggulan teknologi baru. Sebelum perang, Jerman telah muncul sebagai kekuatan industri baru. Namun, dengan kalah perang, mereka kehilangan sebagian besar kekuatan industri itu.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Di Eropa secara umum, kesenjangan antara kaya dan miskin meningkat. Sementara banyak orang dari strata ekonomi tinggi tidak membutuhkan waktu lama untuk pulih atau tidak menderita kerugian, banyak keluarga pekerja kehilangan sumber pendapatan mereka. Keluarga lain menderita karena kematian atau cacat orang yang mendukung pendapatan keluarga. Jerman jatuh ke dalam krisis ekonomi setelah dipaksa untuk membayar ganti rugi. Hal ini menimbulkan kebencian dan ketidakpuasan di masyarakat. Inilah yang nantinya menjadi salah satu alasan mengapa Perang Dunia II akan dipicu.

Sebelum perang, Inggris dan Prancis adalah kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Meski menang, dampak Perang Dunia I berdampak negatif terhadap perekonomian mereka. Mengingat hal ini, Amerika Serikat muncul sebagai kekuatan ekonomi terkemuka, mengambil keuntungan dari menjadi bagian dari pihak yang menang tanpa menjadi tuan rumah pertempuran di wilayah mereka.

2. Bidang Sosial

Ada beberapa dampak PD 1 dalam bidang sosial masyarakat, baik itu dampak positif maupun negatif. Berikut ini dampak dibidang sosial, meliputi :

1. Banyak Korban yang Tewas, Terluka dan Hilang

Berlangsungnya perang dunia 1 selama kurang lebih 4 tahun mengakibatkan sekitar 10 juta pasukan militer tewas dan diperkirakan melukai 21 juta orang (militer dan sipil). Jumlah pasukan militer yang tewas paling banyak tercatat adalah di pihak Jerman dan Rusia, yakni 1,77 juta dan 1,7 juta jiwa. Sementara itu, para ahli memperkirakan kurang lebih 13 juta penduduk sipil meninggal akibat langsung atau tidak langsung dari PD 1.

2. Negara-negara di Eropa banyak kehilangan kaum pemuda akibat ikut serta dalam perang.

3. Meningkatnya peran perempuan akibat berkurangnya pemuda di Eropa disebabkan karena perang.

4. Menurunnya angka kelahiran di Eropa, khususnya di negara Perancis.

3. Bidang Politik

1. Lahirnya Negara-Negara Baru yang Merdeka

Salah satu dampak PD 1 yang cukup nyata dapat kita amati adalah adanya beberapa negara memisahkan diri atau memutuskan untuk merdeka bebas dari kekuasaan negara lain. Contohnya seperti Rumania, Cekoslavia, Polandia, Finlandia, Hongaria, dan Yugoslavia.

2. Dibentuknya LBB (Liga Bangsa-Bangsa)

Liga Bangsa-Bangsa adalah organisasi yang dibentuk untuk tujuan penyelesaian pertentangan/konflik melalui cara damai yakni dengan diplomasi dan negosiasi serta melucuti senjata dan mencegah perang. LBB dibentuk pada tahun 1920, setelah dilakukannya konferensi perdamain di Paris pada tahun 1919.

Keberadaan LBB ternyata gagal untuk mencegah terjadinya perang, hal ini dibuktikan dengan adanya pertempuran yang masih berlanjut pada perkembangan berikutnya, seperti PD II. Pasca Perang Dunia II LBB secara resmi dibubarkan, perannya digantikan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

3. Runtuhnya 4 Kekaisaran Besar di Eropa

Dampak perang dunia 1 dalam bidang politik lainnya adalah keruntuhan kekaisaran monarki besar di Eropa. Perlu kalian ketahui, Eropa merupakan basis kekuasaan monarki terbesar di Dunia, beberapa diantaranya seperti Kekaisaran Jerman, Turki, Rusia dan Ottoman. Kemenangan PD I di pihak Sekutu mengakibatkan kekuasaan monarki hancur, kerajaan-kerajaan tersebut kemudian sistem pemerintahannya berubah menjadi Republik.

Selain tiga dampak diatas, ada beberapa akibat lain di bidang politik seperti munculnya paham atau ideologi baru, contohnya Nazi di Jerman, fasis di Italia, Komunis di Rusia, Militer di Jepang dan Nasionalisme di Turki.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini