Share

Meski Tak Separah Tahun-Tahun Lalu, Badan Intelijen Inggris Sebut Terorisme Tetap Jadi Ancaman

Susi Susanti, Okezone · Kamis 17 November 2022 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 18 2709113 meski-tak-separah-tahun-tahun-lalu-badan-intelijen-inggris-sebut-terorisme-tetap-jadi-ancaman-NQH6lLNH3T.jpg Badan Intelijen Inggris ungkap terorisme tetap menjadi ancaman (Foto: PA Media)

LONDONBadan Intelijen Inggris M15 mengungkapkan terorisme tetap menjadi ancaman, meskipun dampak yang ditimbulkan oleh jaringan internasional tidak separah beberapa tahun lalu.

Kepala MI5, Ken McCallum mengatakan pihaknya masih melihat kelompok teror internasional mencoba untuk berkumpul kembali dan mengumpulkan kekuatan.

Dia juga menyebut "masalah jahat dari teroris aktor tunggal yang dimulai sendiri, sangat sulit untuk dideteksi dan diganggu".

Baca juga: Badan Intelijen Inggris Peringatkan China Jadi Tantangan Besar dan Abadi

Dikutip BBC, kekhawatiran utama adalah meningkatnya upaya untuk memperoleh senjata api yang lebih mudah, termasuk senjata buatan sendiri dan senjata cetak 3-D.

 Baca juga: Kepala Intelijen M15: Inggris Harus Siap Diserang Rusia Selama Bertahun-tahun

Sejak 2017, MI5 dan polisi telah menangkap 37 plot serangan tahap akhir. Angka ini meningkat delapan sejak pembaruannya tentang ancaman tahun lalu.

Ini adalah campuran dari terorisme Islamis dan ekstrim sayap kanan. MI5 melihat semakin banyak influencer ekstremis sayap kanan yang beroperasi secara global dan memperkuat teori konspirasi.

M15 juga memperingatkan China adalah "tantangan besar dan abadi".

Follow Berita Okezone di Google News

McCallum menegaskan pihaknya akan menggunakan "semua cara yang mereka miliki" untuk memantau dan kadang-kadang mengintimidasi mereka yang dianggap lawan.

Selain itu, MI5, memperingatkan Inggris harus siap untuk agresi Rusia selama bertahun-tahun yang akan datang.

Laporan itu mengungkapkan Moskow akan terus menggunakan campuran ancaman rahasia - seperti mata-mata dan serangan dunia maya - serta cara yang lebih terbuka seperti tekanan pada harga energi dan disinformasi untuk menargetkan Inggris.

"Mereka akan terus menyerang kita,” ujarnya, dikutip BBC.

Namun dia mengatakan Rusia telah mengalami kemunduran strategis setelah pengusiran massal mata-matanya di seluruh dunia setelah invasinya ke Ukraina.

Laporan juga mengungkapkan setidaknya ada 10 ancaman potensial oleh Iran untuk menculik atau membunuh orang-orang Inggris atau yang berbasis di Inggris tahun ini.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini