Share

Putusan Pengadilan Belanda Soal Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17 Disambut Baik Dunia Internasional, Dianggap Langkah Penting

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 18 November 2022 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 18 2709954 putusan-pengadilan-belanda-soal-jatuhnya-pesawat-malaysia-airlines-mh17-disambut-baik-dunia-internasional-dianggap-langkah-penting-pRCNg6VIm6.jpg Pengadilan Belanda benarkan Pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh rudal Rusia saat penerbangan menuju Kuala Lumpur (Foto: Bloomberg)

UKRAINAPutusan Pengadilan Belanda terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 yang terjadi pada 2014 disambut baik dunia internasional.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan putusan Pengadilan Belanda yang memvonis tiga orang bersalah terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 merupakan langkah penting pertama dalam menetapkan tanggung jawab atas kejahatan tersebut.

Zelensky menegaskan diperlukan lebih banyak penuntutan dan hukuman.

Baca juga: Tuduh Rusia Tidak Pernah Bekerja Sama, Keluarga Korban Lega dengan Putusan Pengadilan Belanda Soal Jatuhnya Pesawat MH17

“Ini adalah keputusan penting di pengadilan. … (Tapi) mereka yang memerintahkan itu juga perlu dijebloskan ke pengadilan, karena impunitas mengarah pada kejahatan baru,” kicaunya di Twitter.

Baca juga: Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17 yang Ditembak Rudal Rusia Dianggap Terkait dengan Perang Rusia di Ukraina

Adapun Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyambut baik putusan itu sebagai langkah solid menuju keadilan.

Dia menjelaskan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab.

Hakim Ketua Hendrik Steenhuis mengatakan bukti yang diajukan oleh jaksa dalam persidangan - yang berlangsung lebih dari dua tahun - membuktikan bahwa Boeing 777 dijatuhkan oleh rudal Buk yang ditembakkan oleh pesawat tempur Ukraina pro-Moskow pada 17 Juli 2014. Puing-puing pesawat dan potongan tubuh para penumpang berjatuhan di atas tanah pertanian dan ladang bunga matahari.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Ada kekhawatiran bahwa bukti besar tidak akan mengarah pada hukuman. Namun, Steenhuis, mengutip rincian seperti dari mana rudal Buk ditembakkan, luka bakar yang ditinggalkannya di lapangan di wilayah yang dikuasai pemberontak, dan bagaimana rudal Buk bergerak di sekitar timur Ukraina. Dia juga menyelidiki peran para terdakwa.

“Tidak ada keraguan yang masuk akal,” tambahnya, menolak argumen pertahanan bahwa sesuatu yang lain mungkin telah terjadi pada pesawat itu.

Dan bahkan jika penembakan itu melibatkan kesalahan perhitungan militer, Steenhuis mengatakan "kesalahan seperti itu tidak mengubah niatnya."

Sementara itu, Marieke de Hoon, asisten profesor hukum pidana internasional di Universitas Amsterdam, mengatakan temuan pengadilan dapat digunakan dalam proses lain oleh Ukraina dan Belanda yang berusaha meminta pertanggungjawaban Moskow.

“Hari ini pengadilan mengatakan bahwa sejak pertengahan Mei 2014, ini adalah konflik bersenjata internasional, artinya Rusia adalah salah satu pihak dalam konflik ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa pengadilan “memiliki nilai otoritatif yang tinggi.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini