Share

Cerita Keluarga Whitaker yang Melakukan Perkawinan Sedarah Hingga Alami Kelainan Mental dan Fisik

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712360 cerita-keluarga-whitaker-yang-melakukan-perkawinan-sedarah-hingga-alami-kelainan-mental-dan-fisik-26dqr5erlT.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Cerita keluarga Whitaker yang melakukan perkawinan sedarah hingga alami kelainan mental dan fisik memang menarik untuk dibahas. Dalam dunia kesehatan maupun dalam agama, perkawinan sedarah termasuk hal terlarang.

Sebab ada pengaruh terhadap kesehatan sang anak. Hal ini pun juga yang dirasakan oleh salah satu keluarga tengah viral beberapa waktu lalu, bernama keluarga Whitaker.

Melansir dari Teal Mango, Keluarga Whitaker menjadi viral dan dikenal dunia internasional lantaran Mark Laita, seorang yang mengungkap keberadaan mereka dalam bukunya berjudul Created Equally yang terbit pada 2004.

Kunjungannya itu ke kediaman Whitaker menjadi hal paling gila yang pernah dialaminya. Sebab, Laita tidak menerima sambutan hangat justru mendapat ancaman dari tetangga yang memiliki senapan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Diketahui jika tetangga sekitar keluarga Whitaker sangat protektif. Mereka tak segan untuk mengusir siapa pun yang datang untuk memotret, mempublikasi bahkan berani mengejek keluarga Whitaker.

Laita pun berdiskusi dan bernegosiasi panjang dengan tetangga di sekitar kediaman Whitaker. Ia menjelaskan tujuannya hingga akhirnya diperbolehkan untuk menemui dan mempublikasi kehidupan keluarga Whitaker.

Saking terisolirnya keluarga tersebut, Mark Laita harus melakukan empat kali kunjungan dan memberi mereka hadiah berupa uang, makanan, dan pakaian untuk membuat mereka berbicara.

Berkat diplomasinya dengan tetangga sekitar Whitaker, Laita berhasil kembali lagi menemui keluarga Whitaker untuk menggarap video dokumenter pada 2020. Video yang telah lebih dari 25 juta kali ditonton itu menggambarkan kengerian terkait perkawinan sedarah.

Dijelaskan dalam video anggota keluarga Whitaker mengalami kondisi mental yang tidak terdiagnosis. Lorraine, Ray, dan Timmy hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan hampir tidak memiliki apapun untuk bertahan hidup.

Dengan melihat kondisi keluarga Whitaker, Laita berasumsi jika perkawinan sedarah adalah hal biasa di beberapa bagian Virginia Barat dan cara tetangganya yang protektif melindungi bisa menjadi penyebab yang memungkinkan.

"Banyak laporan mengungkapkan bahwa keturunan inbrida menderita cacat kognitif yang berkurang, gangguan fungsi paru-paru, penyakit jantung dan rentan terhadap penyakit lainnya. Anak-anak bawaan memiliki risiko lebih tinggi mengalami kelainan genetik resesif" terangnya.

Keluarga Whitaker mengalami kondisi bawaan yang berkaitan erat secara biologis dan genetik satu sama lain. Itulah yang menyebabkan kecacatan kognitif mereka.

Meskipun keluarga Whitaker sangat terbelakang dalam kehidupan. Tetangga sekitar sangat menjaga. Mereka bahkan menyodoro senjata saat seorang wartawan ingin meliput keluarga tersebut. Hal ini karena tetangga tak mau ada yang mengusik kehidupan keluarga Whitaker.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini