Share

Tinjau Longsor di Cugenang Cianjur, Ini Arahan Presiden Jokowi

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 22 November 2022 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 525 2712492 tinjau-longsor-di-cugenang-cianjur-ini-arahan-presiden-jokowi-Lvs0qiydSN.jpg Presiden Jokowi pantau gempa Cianjur/foto: Putra ramadhani

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjau lokasi longsor di Kampung Pos, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa bumi yang terjadi.

"Atas nama pribadi dan pemerintah saya ucapkan duka yang mendalam atas musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi kepada wartawan di lokasi, Selasa (22/11/2022).

 BACA JUGA:Pria India Dipenjara Setelah Sapinya Lepas Berkeliaran di Jalan

Jokowi sudah memerintahkan kepada Menko PMK, BNPB Basarnas, TNI, Polri dan Kementerian PUPR untuk bersama-saling membantu. Terutama pembukaan akses jalan yang terkena longsor.

"Kemudian yang kedua untuk korban yang terdampak. Secara khusus yang tertimbun untuk menjadi prioritas utama untuk didahulukan. Evakuasi dan penyelamatan didahulukan," pinta Jokowi.

 BACA JUGA:Gempa Susulan di Cianjur Masih Berpotensi Terjadi, Masyarakat Jangan Panik

Selanjutnya, untuk rumah yang terdampak baik rusak ringan atau berat pemerintah akan memberikan bantuan. Rumah rusa kberat diberikan bantuan uang Rp50 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Yang paling penting adalah pembangunan rumah yang terdampak diwajibkan untuk menggunakan standar bangunan yang anti gempa oleh PUPR karena tadi sudah disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah bencana 20 tahunan sehingga diarahkan untuk rumah yang anti gempa," tutupnya.

Dalam peninjauan ini, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kasad Jenderal TNI Dudung, Menko PMK Muhadjir Efendi, Kepala BNPB, Kepala BMKG, Bupati Cianjur dan lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini