Share

Pria India Dipenjara Setelah Sapinya Lepas Berkeliaran di Jalan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 November 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712485 pria-india-dipenjara-setelah-sapinya-lepas-berkeliaran-di-jalan-7Nxor3g3Wz.jpg Foto: Reuters.

GANDHINAGAR - Pengadilan di Negara Bagian Gujarat, India barat, menjatuhkan hukuman penjara enam bulan kepada seorang pria karena membiarkan sapi ternaknya, tersesat di jalanan. Prakash Jairam Desai dinyatakan bersalah karena membiarkan hewan-hewan ternak itu lepas dan membahayakan nyawa orang.

Gujarat adalah salah satu dari beberapa negara bagian di India yang menghadapi peningkatan masalah ternak liar di jalan-jalannya.

BACA JUGA: Klaim Mujarab Bersihkan Tubuh, Dokter India Makan Kotoran Sapi di Depan Kamera

Pengadilan mengatakan hukuman itu dijatuhkan untuk menegakkan keadilan karena pelanggaran semacam itu terus meningkat.

Sapi adalah hewan suci bagi mayoritas masyarakat Hindu di India, dan menyembelihnya adalah tindakan ilegal di 18 negara bagian, termasuk Gujarat.

Pada 2017, Gujarat memperketat undang-undang perlindungan sapinya dengan memberi tahu bahwa mereka yang menyembelih sapi dapat dihukum seumur hidup.

BACA JUGA: Wabah Penyakit Cacar Sapi di India, 40 Ekor Mati per Hari

Konsekuensi yang tidak diinginkan dari keputusan itu adalah sejumlah besar ternak berkeliaran di jalan-jalan, menyebabkan kemacetan lalu lintas, menyerang orang atau mendarat di tempat penampungan ternak amal.

Dalam perintahnya, pengadilan mengatakan bahwa karena pemilik meninggalkan ternak liar di jalan, orang telah terbunuh dan menderita luka serius, The Times of India melaporkan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Gujarat termasuk di antara beberapa negara bagian di India yang dilanda wabah penyakit kulit yang menyebabkan kematian ternak pada awal tahun ini. Negara bagian ini melaporkan lebih dari 5.800 sapi mati sementara hampir 170.000 diperkirakan terkena penyakit ini.

Pada September, badan amal, yang mengelola tempat penampungan ternak di Gujarat, telah membebaskan ribuan sapi sebagai protes atas kurangnya bantuan pemerintah yang dijanjikan.

Video sapi berjalan melalui gedung-gedung pemerintah menjadi viral, mendorong pihak berwenang untuk mengambil tindakan yang tegas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini