Share

Jokowi Pastikan Relokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Dimulai Hari Ini

Raka Dwi Novianto, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 525 2720648 jokowi-pastikan-relokasi-rumah-warga-terdampak-gempa-dimulai-hari-ini-cKqXAybOM7.jpg Presiden Jokowi (Foto : BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa relokasi rumah korban terdampak gempa Cianjur dimulai pada hari ini, Senin 5 Desember 2022. Hal tersebut disampaikan Presiden saat kembali mengunjungi wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Oleh sebab itu pagi hari ini saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama yang relokasi hari ini dimulai, pembangunannya hari ini relokasi dimulai pembangunannya," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/12/2022).

Jokowi juga memastikan bahwa pemilihan kawasan relokasi bagi warga tersebut sudah melalui kajian dari instansi yang berwenang di bidangnya. Dengan demikian lokasi tersebut dipastikan lebih aman bagi warga.

"Itu sudah lewat kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait, Badan Meteorologi sudah semuanya," katanya.

 

Sementara itu, pemberian ganti rugi rumah korban terdampak gempa Cianjur akan diberikan pada Kamis (8/12).

 Baca juga: Jokowi Pulang ke Solo Gelar Rapat Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina Gudono

"Kemudian yang kedua nanti hari Kamis ini baru persiapan termasuk verifikasi semuanya selesai. Nanti hari kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta dan Rp10 juta juga akan diberikan hari Kamis mulai diberikan," kata Jokowi.

Dengan diberikannya bantuan tersebut, Jokowi berharap masyarakat dapat langsung beraktivitas membangun rumahnya ataupun membantu rumah tetangganya. Sehingga diharapkan kegiatan ekonomi kembali pulih.

"Sehingga masyarakat mulai ikut beraktivitas membangun rumahnya, membantu membangun rumahnya kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi. Itu yang kita harapkan," kata Jokowi.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi bakal memberikan bantuan untuk warga yang rumahnya terdampak akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dirinya menjelaskan nantinya penggantian dilihat dari seberapa besar kerusakan rumah warga.

"Untuk nantinya rumah-rumah yang rusak berat, yang rusak ringan, yang rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan. Yang rusak berat akan diberikan bantuan 50 juta, yang sedang diberikan bantuan 25 juta dan yang ringan diberikan 10 juta," kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini