Share

Gempa M5,0 di Talaud Akibat Deformasi Batuan Lempeng Laut Filipina

Binti Mufarida, MNC Portal · Senin 30 Januari 2023 07:24 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 30 340 2755362 gempa-m5-0-di-talaud-akibat-deformasi-batuan-lempeng-laut-filipina-bM65uvT8HL.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Gempa Magnitudo (M) 5,0 mengguncangĀ Pantai Barat Daya Kepulauan Talaud, Sulawesi UtaraĀ dini hari tadi pukul 03.18 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,30Ā° LU ; 126,28Ā° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 151 Km arah Barat Laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 144 km.

ā€œDengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi intraslab dengan kedalaman menengah akibat adanya deformasi batuan Lempeng Laut Filipina,ā€ ungkapĀ Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya, Senin (30/1/2023).

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique).

Ā Baca juga:Ā Gempa M2,6 Guncang Wonosobo

Daryono melaporkan berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Miangas, Kepulauan Talaud dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian,Ā daerah Gemeh dan Essang, Kepulauan Talaud dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

ā€œHingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi iniĀ tidak berpotensi tsunami,ā€ tegas Daryono.

Follow Berita Okezone di Google News

Daryono pun meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

ā€œPeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupunĀ  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,ā€ imbaunya.Ā Ā 

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini