Image

Depkes Tunggu Uji Lab 10 Santri Suspect Flu Babi

JAKARTA - Departemen Kesehatan hingga hari ini masih menunggu hasil tes laboratorium terhadap sejumlah santri Pondok Pesantren Gontor 1, Ponorogo, Jawa Timur yang diduga terkena Flu A H1N1 alias flu babi.

"Tes kesehatan mereka masih diperiksa laboratorium," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama saat dihubungi okezone, Jumat (17/7/2009).

Sebelumnya, sebanyak 10 santri di Ponpes tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Aisyiyah, Ponorogo, Jatim, kemarin. Kesepuluh santri ini langsung mendapatkan perawatan intensif di ruang isolasi. Tjandra sendiri tidak menyebut jumlah pasti santri yang masih diisolasi tersebut.

"Ada santri yang sudah dipulangkan ke pesantrennya," ujarnya.

Guna mencegah penularan H1N1 di lingkungan Ponpes, pihak Depkes, lanjut Tjandra telah melakukan penyuluhan waspada flu babi. "Kami sosialisasikan cara pencegahan penularan flu dengan perilaku hidup bersih dan sehat," jelas dia.

Depkes sendiri pada Kamis 16 Juli, merilis kasus positif influenza A H1N1 bertambah 15 kasus. Dua di antaranya warga negara asing, sedang sisanya warga negara Indonesia. Dengan demikian, secara kumulatif kasus positif influenza A H1N1 di Indonesia berjumlah 157 orang terdiri dari 81 laki-laki dan 76 perempuan.

(hri)
Live Streaming
Logo
breaking news x