Bandung Segera Akan Punya Monorel

|

Ilustrasi monorail, gambar monorail di Sydney (Foto: 1nd1r4.wordpress.com)

Bandung Segera Akan Punya Monorel

BANDUNG- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan siap membangun sistem transportasi massal berupa monorel di Bandung, Jawa Barat. Pembangunan monorel untuk mengurangi kemacetan transportasi di kota kembang tersebut.

"Realisasi (pembangunan monorel) dua tahun setelah selesai perencanaan," kata Jusuf Kalla di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat Gedung Sate, Jumat (5/8/2011).

Pria yang akrab disapa JK mengatakan, kesepakatan pembangunan tersebut telah dibicarakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

"Gubernur sangat setuju. Sudah lama direstui. Kebutuhan ini sangat mendesak," sebutnya.

Alasan JK memilih Bandung sebagai kota tujuan investasi perusahaannya, PT H Jusuf Kalla, karena Bandung merupakan kota tujuan wisata."Tapi tingkat kemacetannya sudah seperti Jakarta tiap minggu. Sehingga ini sangat memerlukan kelancaran transportasi.," ungkapnya.

Namun pembicaraan belum mengarah kepada berapa besar nilai investasi pembangunan monorel tersebut. Begitu juga masalah teknis pembangunan. Rencananya, rute monorel yang dibangun sepanjang 30 kilometer di dalam dan luar kota Bandung.

"Proses pembangunannya belum, Investasi dan taksirannya masih nanti" ujarnya.

JK menambahkan, pembangunan monorel sama dengan yang kini tengah berjalan di Makassar, yakni mengandalkan kemampuan engineering dalam negeri. "Kemampuannya sama dengan Jepang," sebutnya.

Selain Bandung dan Makassar, JK juga berencana membangun sistem transportasi serupa di Surabaya Jawa Timur.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tunawisma Ukraina Paling Gaya Sedunia