Anggaran Pendidikan 2012 Naik Rp286,9 Triliun

ilustrasi guru

ilustrasi guru

JAKARTA – Pemerintah berencana menaikan anggaran pendidikan sebesar Rp286,9 triliun, pada 2012.  Kenaikan itu untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan nasional.

“Saya ingin memotret sedikit wajah dunia pendidikan di negeri kita. Banyak kemajuan, tetapi masih banyak pula yang harus kita perbaiki,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Peringatan Hari Guru, Rabu (30/11/2011).

Meskipun pada 2011 ini, anggaran bidang pendidikan sudah lebih dari separuh total APBN tahun 2005 sebesar Rp266,6 triliun, tetap saja masih perlu perbaikan.

Selanjutnya, kata SBY, pemerintah akan membawa usulan tersebut dalam sidang Paripurna di DPR untuk meminta persetujuan.

“Tahun depan, pemerintah mengusulkan ke DPR dan biasanya DPR berikan persetujuannya kerana menyangkut pendidikan. Anggaran tahun depan kami ajukan Rp286,9 trilun," jelas SBY.

Presiden juga meminta agar Bantuan Operasional Siswa (Dana BOS) diberikan merata, siswa setingkat SMP memiliki hak atas dana BOS, begitupun siswa miskin, termasuk sertifikasi para guru. 

"Kalau itu yang kita tingkatkan maka kesejahteraan pun akan mengikuti ada tunjangan profesi ada tunjangan khusus yang beliau-beliau sebut tadi," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, presiden mengharapkan semua guru semakin profesional, semakin bermartabat dan semakin sejahtera.

(amr)
Live Streaming
Logo
breaking news x