Gadis Usia 16 Tahun Diusulkan Dilarang Menikah

|

Gadis Usia 16 Tahun Diusulkan Dilarang Menikah
BANJARMASIN - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendorong dilakukannya revisi terhadap Pasal 7 UU No 1 tahun 1997 tentang Perkawinan. Klausul diperbolehkannya perempuan berusia 16 tahun untuk menikah dipandang kurang tepat.                         

"Kami berharap UU Perkawinan direvisi. Jangan 16 tahun," ujar Deputi bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi BKKBN Drs Hardianto di sela-sela acara roadshow PKK-BKKBN di Komplek Mahligai, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (15/6/2012).

Dalam pasal 7 UU No 1 tahun 1997 tentang Perkawinan ayat (1) disebutkan perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun.

Sementara pada ayat (2) disebutkan, dalam hal penyimpangan terhadap ayat (1) pasal ini dapat meminta dispensasi kepada Pengadilan atau Pejabat lain yang ditunjuk oleh kedua orang tua pihak pria maupun pihak wanita.                               

Hardianto menambahkan, BKKBN telah melobi para tokoh agama agar mendukung upaya dinaikkannya batas usia minimum perempuan boleh menikah. Pasalnya, persoalan ini sudah masuk ranah politis. "Ya karena ini masalah politis," ungkapnya.          

Ikhwal diusulkannya kenaikan batas usia minimum diperbolehkannya menikah bagi perempuan dipicu fakta menikah pada usia muda berisiko besar. Semakin sering perempuan melahirkan kian besar pula risiko kematiannya. "Perempuan melahirkan itu kan mempertaruhkan nyawa. Makanya, kita dorong mereka menyelesaian pendidikannya dulu, baru setelah itu menikah," harapnya.                   

Secara alamiah, tambah  Hardianto, jumlah perempuan yang menikah dini dari tahun ke tahun semakin berkurang. "Dulu perempuan rata-rata menikah pada usia 18 tahun, sekarang rata-rata 19,5 tahun. Pada 2015 kita targetkan 21 tahun," tandasnya.
(ydh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Rosalia Indah Tabrak Rumah