Merah Putih Berkibar di Melbourne Selama Satu Jam

Merah Putih Berkibar di Melbourne Selama Satu Jam
JAKARTA - Upacara hari kemerdekaan Indonesia tidak hanya ramai dirayakan di Indonesia. KJRI Melbourne pun tak kalah aktif dalam memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, KJRI Melbourne mengadakan upacara bendera di kantor pusatnya. Agenda tahunan ini selalu semarak diisi dengan upacara pengibaran bendera merah putih di Federation Square, Melbourne, yang terkenal sebagai pusat tempat kunjungan para turis.

Para mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari berbagai kampus di Melbourne yang tergabung dalam PPIA Victoria pun hadir sebagai pasukan pengibar bendera. Cuaca yang mendung dan dingin tidak mengganggu acara pengibaran bendera di Federation Square yang terlihat berjalan dengan cukup hidmat. Upacara ini pun banyak mengundang antusiasme para turis dan warga Australia lainnya untuk datang menyaksikan prosesi ini.

"Sang saka merah putih berkibar selama kurang lebih satu jam di area Federation Square sebelum akhirnya diturunkan kembali oleh paskibraka-paskibraka Indonesia ini," ujar mahasiswi jurusan Ekonomi Monash University Ima Patimasang kepada Okezone, Sabtu (18/8/2012).

Putri sulung dari Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa ini bertutur, selain mengadakan upacara dan pengibaran bendera di Federation Square, KJRI bersama dengan PPIA Victoria pun selalu membuat acara tujuh belas agustusan di Melbourne. Tema acara untuk tahun ini, jelas Ima, adalah Kampoeng Merdeka yang akan diadakan pada tanggal 1 September 2012.

Tidak hanya perlombaan-perlombaan khas kemerdekaan yang akan diadakan di acara ini, ada pula fashion show dan bazaar makanan khas Indonesia pun bisa ditemukan di acara tersebut. "Acara ini adalah salah satu wadah sebagai tempat bertemunya para warga Indonesia di Melbourne, sekaligus sebagai ajang promosi budaya Indonesia kepada warga lokal Australia di Melbourne,"jelas Ima.

Untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia, para PPIA ranting pun tak kalah aktifnya, sebagai contoh, PPIA Monash pun akan mengadakan acara merayakan tujuh belasan pada tanggal 22 Agustus di Monash University. Perlombaan-perlombaan khasnya seperti tarik tambang dan balap karung pun telah dipersiapkan oleh panitia demi lancarnya acara.

"Dengan adanya acara ini, maka akan semakin banyak orang yang mengenal tentang budaya Indonesia dan tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang Indonesia,"sebut Ima.

Banyaknya acara yang diselenggarakan di Melbourne, ujar Ima, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia di Melbourne selalu bersatu dan bekerjasama untuk terus mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat asing.
(ydh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bersihkan Korupsi, Jokowi Harus Pilih Jaksa Agung dari Eksternal