Indonesia Tegaskan Komitmennya dalam Menjaga Perdamaian Dunia

Menlu Retno tegaskan komitmen Indonesia di PBB. (Foto: Feri/Okezone)

Menlu Retno tegaskan komitmen Indonesia di PBB. (Foto: Feri/Okezone)

NEW YORK – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi mengusulkan agar sekretariat PBB lebih diberdayakan untuk menghadapi berbagai tantangan perdamaian dunia. Ia juga mengingatkan agar Sekretariat PBB tetap menjalankan independensinya dalam mendukung kerja Dewan Keamanan PBB, mengingat masalah dunia semakin kompleks.

Guna mendukung kinerja PBB tersebut, diplomat asal Semarang itu juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus bermitra dengan negara-negara anggotanya. Khususnya dalam rangka bekerja sama memajukan perdamaian dan keamanan serta pembangunan internasional.

Ia mencontohkan komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia tercermin dari partisipasi aktif di setiap misi, agenda pembangunan dan mediasi, baik di PBB maupun tingkat kawasan. Indonesia antara lain masih aktif mengelola Gerakan Non Blok, berkiprah di ASEAN, menjaga stabilitas di kawasan Laut China Selatan dan Asia Pasifik.

Dalam hal terorisme, meskipun Indonesia tidak ikut mengirimkan tentara ke medan perang di Irak dan Suriah, dialog lintas agama gencar dilakukan. Bahkan Presiden Joko Widodo menjadi pembicara kunci di forum internasional setiap kali membahas cara menanggulangi teroris, radikalisasi dan pengaruh ekstremisme.

“Ekstremisme dan terorisme tidak terkait dengan masalah agama, kebangsaan, peradaban maupun etnis. Tantangan dan tugas kita semua adalah mengubah pola pikir dan ideologi para ekstremis ini,” tegasnya di sidang majelis umum PBB, New York pada Kamis (22/9/2016).

Komitmen perdamaian Indonesia lainnya juga tercermin dari banyaknya pengungsi yang diterima, membantu mediasi konflik di negara-negara Islam. Salah satunya konflik kedaulatan di Yerusalem yang menjadi perebutan antara Israel dan Palestina.

(amr)
breaking news x