Terduga Ketiga Pelaku Pembunuhan Kakak Kim Jong-un Ditangkap

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dan kakak tirinya Kim Jong-nam (Foto: Associated Press)

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dan kakak tirinya Kim Jong-nam (Foto: Associated Press)

KUALA LUMPUR – Penyelidikan terhadap kasus pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, terus berlangsung. Kepolisian Malaysia sejauh ini sudah berhasil menangkap dua perempuan yang diduga terlibat pembunuhan pria asal Korea Utara (Korut) itu. Salah seorang terduga pelaku adalah warga negara Indonesia (WNI) asal Serang, Banten, Siti Aishah.

Diwartakan ITV, Kamis (16/2/2017), Kepolisian Malaysia menangkap orang ketiga, seorang pria, terkait kematian Kim Jong-nam. Pria tersebut ditangkap pada Rabu 15 Februari sore waktu setempat. Pria yang tidak diungkap identitasnya itu diyakini sebagai pacar Siti Aishah.

Menurut keterangan polisi, pria lokal Malaysia itu memberikan informasi berguna yang berujung penangkapan terhadap perempuan kelahiran Serang 11 Februari 1992 itu. Perempuan itu ditangkap dan diketahui memiliki paspor Indonesia.

Sementara itu, Kasi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kelas I Serang, Muhammad Sungeb, menyatakan kantornya tidak memiliki catatan data paspor atas nama Siti Aishah. Ia sudah mengecek data pembuatan paspor sejak 2008 hingga 2017. Namun, tidak ditemukan data pengajuan paspor dengan identitas tersebut.

Siti Aishah ditangkap setelah teridentifikasi dari rekaman CCTV di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Sehari sebelumnya, perempuan asal Vietnam Doan Thi Huong ditangkap saat sedang berusaha melarikan diri ke kampung halamannya. Pengadilan memerintahkan kedua terduga pelaku ditahan selama tujuh hari selama penyidikan berlangsung.

Siti dan Doan diduga menyerang Kim Jong-nam pada Senin 13 Februari pagi waktu setempat. Putra sulung mendiang Kim Jong-il itu sedang bersiap memasuki pesawat ke Makau, yang menjadi tempat pengasingannya selama beberapa tahun terakhir. Para penyerang dilaporkan menyemprot racun di wajah Kim.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x