nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Senator AS: Demokrasi Kembali di Thailand

Aulia Akbar, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2011 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 08 15 411 492388 G2OUWehXiW.jpg Foto : Yingluck Shinawatra (telegraph)

BANGKOK - Senator Amerika Serikat (AS) Jim Webb menyatakan, Thailand kembali ke demokrasi, setelah Thailand usai mengadakan pemilihan umum untuk memilih perdana menteri baru.

"Hal terpenting yang saya ingin katakan hari ini adalah, saya senang, pemilihan umum berjalan di negara ini, ini menjadi contoh yang baik di Asia Tenggara," ujar Webb, seperti dikutip Deutsche Presse, Senin (15/8/2011).

Senator Webb sebelumnya berada di Thailand pada Mei 2010 lalu, saat itu, dirinya menyaksikan sebuah protes anti-pemerintahan yang menewaskan 92 orang dan melukai 2.000 orang lainnya. Namun saat ini, Webb tampak melihat perubahan di Thailand.

Pemilihan umum yang di Thailand diadakan pada 3 Juli lalu, dan dimenangkan oleh Partai Pheu Thai yang merupakan partai dari mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang saat ini menjadi buronan.

Perdana Menteri Yingluck Shinawatra yang terpilih menjadi Perdana Menteri wanita pertama awalnya mendapat banyak tudingan dari masyarakat. Dirinya dikatakan sebagai boneka Thaksin.

Meski demikian, terpilihnya Yingluck juga memberikan dampak baik bagi kelanjutan proses konflik perbatasan Kamboja dan Thailand. Saat ini kedua negara itu pun sudah sepakat untuk memulai dialog konstruktifnya demi mengakhiri konflik.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini