nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Thailand Diskualifikasi Kakak Raja Maha Vajiralongkorn Sebagai Calon PM

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 17:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 11 18 2016466 kpu-thailand-diskualifikasi-kakak-raja-maha-vajiralongkorn-sebagai-calon-pm-y1VMBdyyIR.jpg KPU Thailand mendiskualifikasi Putri Ubolratana sebagai calon perdana menteri. (Foto: AFP)

BANGKOK – Komisi Pemilihan Umum Thailand pada Senin mendiskualifikasi saudara perempuan dari Raja Mahavajiralongkorn dari pencalonannya sebagai perdana menteri. Diskualifikasi Putri Ubolratana diputuskan setelah sang raja menyebut pencalonan saudaranya itu sebagai langkah yang “tidak pantas”.

Pada Senin, Komisi Pemilihan Umum Thailand telah merilis daftar nama calon perdana menteri Thailand tanpa nama dari Putri Ubolratana. Dalam pernyataannya, komisi tersebut mengatakan bahwa anggota dari keluarga kerajaan tidak sepatutnya memegang jabatan politis.

BACA JUGA: Dobrak Tradisi, Saudara Perempuan Raja Thailand Calonkan Diri Sebagai Perdana Menteri

“Anggota keluarga kerajaan harus berada "di atas politik" dan karena itu tidak dapat "memegang jabatan politik”,” demikian pernyataan dari Komisi Pemilihan Umum yang dilansir Reuters, Senin (11/2/2019).

Pernyataan itu senada dengan isi pernyataan publik yang disampaikan Raja Maha Vajiralongkorn terkait pencalonan kakak perempuannya Jumat pekan lalu.

BACA JUGA: Raja Thailand Gagalkan Impian Kakak Perempuannya Menjadi Perdana Menteri

Pekan lalu, Putri Ubolratana yang berusia 67 tahun maju sebagai kandidat perdana menteri Thailand melalui pencalonan dari Partai Thai Rhaksa Chart, partai yang dibentuk dari oleh para pendukung mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan junta militer Thailand.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini