nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkembangan Hubungan Kanada-RI Penuhi Harapan Soekarno

Khairisa Ferida, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2012 07:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 06 28 411 655072 UF0fhO8O5m.jpg Foto : Dubes Kanada untuk Indonesia Mackenzie Clugston (Khairisa/okezone)

JAKARTA - Perayaan hari lahir Kanada ke 145, bertepatan pula dengan peringatan 60 tahun hubungan bilateral Kanada-Indonesia. Perayaan ini juga penting bagi Kanada terkait dengan peringatan 35 tahun hubungan Kanada dan Association of South East Asian Nation (ASEAN).

Dalam pidato penyambutannya, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Mackenzie Clugston sempat mengutip pernyataan Presiden Soekarno dalam kunjungannya ke Kanada pada 1965. Dihadapan parlemen Kanada, Presiden Soekarno sangat berharap agar hubungan Kanada-Indonesia dapat terus tumbuh berkembang dan semakin kuat.

"Tahun ini kita merayakan 60 tahun hubungan bilateral kedua negara dan Saya percaya harapan Presiden Soekarno telah terpenuhi," ujar Dubes Clugston dalam perayaan Canada Day di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta, kemarin.

Pada kesempatan yang sama Dubes Clugston mengatakan, Indonesia saat ini menjadi mitra kunci bagi Kanada baik dalam pembangunan, terorisme dan hak asasi manusia serta perdagangan dan investasi. Selain itu, Dubes Clugston juga tidak lupa menyinggung hubungan yang terjalin antara Kanada dan ASEAN.

"Saat ini kita menandai peringatan 35 tahun hubungan Kanada dengan ASEAN. Selama 35 tahun pula kita telah melihat perkembangan dalam berbagai dialog yang kian meluas dan menjadikan hubungan ini lebih kuat. Momentum ini bahkan tumbuh dari tahun ke tahun," tutur Dubes Kanada.

Dubes Clugston juga menginformasikan pada 2011 lalu Kanada-ASEAN telah mengadopsi sebuah deklarasi bersama dalam perdagangan dan investasi.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini