Air Radioaktif Mencemari Wilayah Fukushima

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Minggu 07 April 2013 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 07 413 787681 MiuMOao2Ou.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

FUKUSHIMA - Air yang mengandung zat radioaktif di Fukushima, Jepang diperkirakan telah bocor dari tangki penyimpanan di pembangkit listrik tenaga nuklir Daiichi.

Demikian dilaporkan Al Jazeera, Minggu (7/4/2013). Kebocoran tersebut terjadi pada Minggu pagi sehari setelah Tokyo Electric Power Co (Tepco) mengatakan bahwa 120 ton air yang terkontaminasi mungkin satu dari tujuh tangki telah bocor karena pabrik yang rusak akibat tsunami.

Pihak Tepco mengatakan, aktivitas radioaktif terdeteksi dalam air di luar tangki namun mengaku bila air yang terkontaminasi tersebut tidak mungkin mengalir ke laut.

"Kami telah menetapkan bahwa sejumlah air dikhawatirkan telah bocor dari tangki meskipun tidak ada penurunan debit air di dalam tangki," tukas pihak Tepco dalam pernyataannya.

Tempat penyimpanan tangki tersebut digunakan untuk mendinginkan reaktor setelah radioaktif caesium dihapus, tetapi zat radioaktif lainnya masih tetap ada.

Diketahui, pembangkit tersebut terhantam tsunami besar pada Maret 2011 di mana reaktor nuklir juga terkena dan menyebarkan radiasi ke berbagai wilayah di sekitarnya. Hal ini pun memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka karena radioaktif tersebut sudah mencemari lahan pertaniannya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini