Share

Berkas Belum Rampung, Sidang Tuntutan Juke Maut Ditunda

Oris Riswan, Okezone · Selasa 02 Juli 2013 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 02 527 830654 JIsgnEjGHC.jpg Sidang Muhammad Dwigusta Cahya (Foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Sidang kasus kecelakaan Nissan Juke maut kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/7/2013). Agenda sidang adalah pembacaan tuntutan.

Namun sidang terpaksa ditunda karena jaksa penuntut umum (JPU) belum merampungkan berkas tuntutannya.

“Tuntutannya belum selesai disusun. Kan harus dipersiapkan dengan matang," ujar seorang JPU, Gusparli.

Kasus itu menurutnya cukup rumit. Apalagi, tidak ada saksi yang melihat langsung kecelakaan yang dihadirkan di sidang. "Rumitnya pembuktiannya juga pakai bukti petunjuk,” ungkapnya.

Selain mempertimbangkan keterangan para saksi di persidangan, JPU juga mempertimbangkan keterangan saksi ahli. Di persidangan, saksi ahli menyebut kecepatan Nissan Juke saat tabrakan adalah 110 kilometer per jam.

“Mobil Nissan Juke itu dirancang memang seperti itu. Waktu kecelakaan, begitu berhenti, speedometer akan berhenti. Itu berhentinya di angka 110 kilometer per jam menurut keterangan ahli,” tuturnya.

Soal jumlah saksi, Gusparli menyebut total ada 10 orang. Seorang di antaranya merupakan saksi ahli. “Ada yang tidak dihadirkan karena saksi tinggal di Jawa,” katanya.

Dia menambahkan, berkas tuntutan diharapkan selesai pekan depan sehingga sidang bisa kembali digelar. “Tuntutannya juga harus dikonsultasikan dulu ke pimpinan (Kejaksaan Negeri Bale Bandung). Ini kan kasusnya menarik perhatian publik, bukan kecelakaan biasa,” jelasnya.

Rencananya, sidang akan kembali digelar Selasa, 9 Juli 2013. Terdakwa, Muhammad Dwigusta Cahya (18), dijerat Pasal 310 ayat 4 UU LAJ Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman penjara enam tahun.

Seperti diberitakan, kecelakaan maut terjadi di tol Purbaleunyi KM 135+700 dari Cileunyi menuju Bandung, pada Minggu, 7 April 2013 sekira pukul 13.15 WIB. Lima orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan itu melibatkan dua kendaraan, yakni Nissan Juke bernomor polisi AB 421 TA yang dikemudikan Dwigusta dan Daihatsu Xenia, R 8181 NK. Saat itu Nissan Juke melaju dari arah barat Bandung menuju ke timur Cileunyi.

Saat tiba di KM 135+700, mobil Juke melewati median jalan hingga masuk jalur berlawanan. Dari arah berlawanan, muncul Xenia yang dikemudikan Iwan Haryadi (31). Benturan keras pun tidak bisa dihindari. Dalam kecelakaan itu, Dwigusta ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Bandung.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini