Jepang Buang 1.130 Ton Zat Radioaktif ke Laut

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Rabu 18 September 2013 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 18 413 867760 efpymv6SAE.jpg Petugas Reaktor Nuklir Fukushima (Foto: AFP)

TOKYO – Pemerintah Jepang membuang sekira 1.130 ton zat radioaktif dari reaktor nuklir Fukushima ke laut. Tindakan itu terpaksa diambil karena lokasi reaktor dihantam topan.

 

Topan Man-Yi melanda Jepang sejak Senin, 16 September. Topan itu sudah menewaskan tiga warga dan memaksa ratusan ribu lainnya mengungsi ke tempat yang aman.

 

“Petugas terus mengawasi tingkat radiasi di tangki penampungan air radioaktif selama topan terjadi,” ujar operator reaktor nuklir Fukushima yang tidak disebut namanya, seperti dikutip Japan Today, Rabu (18/9/2013).

 

“Ketika mengetahui tangki banyak terisi air hujan kami memutuskan untuk melepaskannya ke lautan. Kami melakukan ini karena kapasitas tangki terbatas,” lanjut operator tersebut.

 

Reaktor nuklir Fukushima mengalami kebocoran sejak 2011. Kebocoran terjadi karena lokasi reaktor terkena gelombang tsunami.

 

Kebocoran di Fukushima membuat Pemerintah Jepang mengevaluasi keamanan di reaktor-reaktor nuklir lainnya. Seluruh reaktor nuklir yang ada di Jepang kini dimatikan untuk menjalani proses pemeriksaan.(why)

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini