Share

Gita Wirjawan Kongko Bareng Aktivis Mahasiswa

Rizka Diputra, Okezone · Selasa 19 November 2013 00:26 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 19 339 899007 G2Hw50ri0O.jpg Gita Wirjawan. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Calon Presiden melalui konvensi Partai Demokrat, Gita Wirjawan hari ini melakukan dialog dengan puluhan aktivis mahasiswa.

Pertemuan yang dihelat di kawasan Senayan, Jakarta Selatan itu juga dihadiri pimpinan sejumlah gerakan mahasiswa dan tokoh organisasi kemahasiswaan yang berjumlah sekira 66 orang.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Gita dalam paparannya di hadapan mahasiswa mengungkapkan arti penting sebuah jiwa kepemimpinan yang sejatinya dimiliki oleh seorang pemimpin negara. Dia menyebut, seorang pemimpin haruslah memiliki semangat membangun kesejahteraan rakyat.

"Kepemimpinan dalam konteks Indonesia adalah kualitas personal untuk membungkus tiga aspek penting: kesejahteraan yang merata, pluralisme, dan demokratisasi serta memproyeksikan bungkusan tersebut ke komunitas internasional guna membuahkan kebanggaan berbangsa dan bernegara," terang Gita, dalam keterangannya, Senin (18/11/2013).

Gita yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) itu juga menekankan pentingnya konsep ekonomi kerakyatan demi ketahanan pangan. Termasuk kebebasan dalam berdemokrasi, dan kebebasan hak sipil yang harus dilindungi oleh negara.

"Serta peranan kaum muda dalam pembangunan nasional dan peningkatan kualitas demokrasi," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang aktivis mahasiswa yang hadir pada dialog tersebut, Reza Fahlevi menilai, kegiatan dialog semacam ini sangat positif untuk saling bertukar informasi maupun pemikiran demi perbaikan bangsa.

Levi yang juga aktif sebagai Relawan Gerakan Cinta Tanah Air (Relawan GITA) menambahkan, langkah diialog yang dilakukan Gita merupakan komunikasi politik yang efektif untuk membangun konsolidasi kemahasiswaan nasional.

"Ini merupakan awal untuk kemudian Pak Gita akan turun dan berkomunikasi langsung dengan aktivis mahasiswa di seluruh Indonesia," kata Levi.

 

Hal senada diungkapkan peneliti Akar Rumput Strategic Consulting, Imanuel More. Menurutnya, mantan Kepala BKPM itu memang perlu membangun komunikasi yang intens dengan para mahasiswa guna mendengar langsung aspirasi kritis kalangan kampus. Hal itu kata More, akan berpengaruh terhadap popularitas Gita.

"Dialog ini juga akan menjadi ajang untuk menunjukkan kapabilitas dan kualitas Gita sebagai pemimpin nasional pada kelompok pemangku kepentingan di kalangan muda," ujar More.

Keputusan Gita Wirjawan merekrut sejumlah tokoh muda untuk memperkuat Barisan Indonesia (Barindo) dinilai tepat.

 

Seperti diketahui, sosok Gita Wirjawan memang kerap dikenal gemar merangkul kaum muda. Langkah ini dinilai berbagai kalangan sangat tepat, mengingat jumlah pemilih muda pada Pemilu 2014 yang cukup besar.

Gita sebelumnya juga terpilih sebagai Ketua Umum Barindo dalam Musyawarah Nasional II di Surabaya, pada Agustus lalu. Di antara tokoh yang direkrut Gita adalah aktivis dan intelektual muda Fajar Riza Ul Haq selaku Sekjen dan mantan atlet bulu tangkis nasional Taufik Hidayat sebagai Ketua Bidang Sosial dan Budaya.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini