nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Kerahkan 10 Ribu Polisi Amankan Pemilu

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Rabu 29 Januari 2014 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 01 29 411 933518 EuJQ0o0P4s.jpg Polisi di Thailand siap amankan pemilu. (Foto: Reuters)

BANGKOK - Pemerintah Thailand akan mengerahkan 10 ribu polisi di ibu kota untuk mengamankan pemilihan umum (pemilu) pada Minggu, 2 Februari 2014. Pengamanan ini menyusul janji pengunjuk rasa yang akan untuk mengganggu jalannya pemilu sebagai bagian dari usaha mereka untuk menggulingkan Perdana Menteri (PM) Yingluck Shinawatra.

"Saya meminta warga Bangkok untuk keluar dan memberikan suara. Polisi akan mengurus keamanannya. Mereka yang akan menutup tempat pemungutan suara (TPS) di pagi hari harus berpikir dua kali karena polisi tidak akan membiarkan mereka," tegas Menteri Tenaga Kerja Chalerm Yoobamrung, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (29/1/2014).

Para pengunjuk rasa sebelumnya sempat mencegah adanya voting di banyak TPS di Bangkok pada pekan lalu. Mereka turun ke jalan sejak November dan menjadi letusan terbaru dari konflik politik yang melanda Thailand selama delapan tahun.

Chalerm, yang bertanggung jawab atas keadaan darurat ini meminta 10 ribu polisi dikirim pada Minggu untuk menangani masalah keamanan di TPS di ibu kota.

Sekadar informasi, PM Thailand telah mengonfirmasi pemilihan umum (pemilu) di Negeri Gajah Putih itu akan diselenggarakan pada 2 Februari 2014. Hal tersebut bersumber dari partai milik PM Thailand itu usai pertemuan, di mana otoritas yang menggelar pemilu telah mengusulkan adanya penundaan karena kerusuhan di ibu kota.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini