Jam Malam Tak Membuat Bandung Mencekam

Mohammad Saifulloh, Okezone · Minggu 02 Maret 2014 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 02 526 948705

JAKARTA - Polda Jawa Barat sejak Januari lalu memberlakukan aturan jam malam di tempat-tempat hiburan Kota Bandung. Aturan ini pun menuai protes lantaran dinilai terlalu berlebihan. Padahal, secara faktual malah menguntungkan masyarakat.

 

Pemerhati Kebijakan Publik Yulianti Susilo mengatakan kebijakan jam malam ini berefek positif untuk masyarakat. "Kalau Bandung menjadi mencekam karena pemberlakuan jam malam ini, sesungguhnya sih tidak, hanya lebih lengang di malam hari. Justru masyarakat merasa aman, khususnya perempuan yang mengharuskan mereka karena bekerja harus pulang malam. Kalau Bandung mencekam, itu isu yang dihembuskan oleh pihak yang dirugikan jam malam," ujar Yulianti, Minggu (2/3/2014).

 

Sementara pengusaha asal Bandung, Jawa Barat Enni Eryani menyikapi dampak dari pemberlakuan jam malam di Kota Bandung merupakan bagian dari penertiban tempat-tempat hiburan malam. "Ini hanya menertibkan tempat-tempat hiburan malam. Ada segelintir orang yang membesar-besarkan isu Bandung jadi mencekam, sehingga imbasnya ke pemerintah kota Bandung," papar Enni.  

 

Pengamat Sosial Bandung Mira Rosana Gnagey melihat mengapa kebijakan jam malam di Kota Bandung menjadi polemik, karena ada kesalahan dalam penggunaan istilah saja dan yang akhirnya menimbulkan kesalahan persepsi di masyarakat. "Kita harus meluruskan istilah jam malam. Istilah jam malam itu digunakan jika negara atau wilayah sedang dalam keadaan chaos. Kepolisian sebaiknya menggunakan istilah pembatasan untuk mengatur jam buka tutup kegiatan hiburan di malam hari," jelas Dosen Universitas Pasundan, Bandung ini.

 

Aturan jam malam yang diberlakukan Polda Jawa Barat adalah bahwa semua tempat hiburan malam dan kegiatan lainnya Harus berhenti pada pukul 00.00. Pemberlakuan itu diterapkan dengan dalih untuk menjaga keamanan warga Bandung.

 

Pemberlakuan jam malam di Kota Bandung diberlakukan setelah terjadinya peristiwa pembacokan Kepala Polsek Astana Anyar saat melerai perkelahian di tempat hiburan di Jalan sudirman Bandung, pada awal Januari lalu.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini