nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah Ganda, Ijazah Juga Dobel

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 18 Maret 2014 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 03 18 373 957027 wMNeaHCsfU.jpg Ilustrasi: eventsstyle

SOLO - Mulai tahun depan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dapat mengikuti program kuliah ganda (twinning). Asyiknya, mereka juga akan mendapatkan dua ijazah sekaligus; satu dari UMS, satu lagi dari Darwin University, Australia.

"Kerja sama perkuliahan program twinning antara UMS dengan Universitas Darwin Australia mulai tahun akademik baru direalisasi. Artinya mahasiswa kuliah di dua universitas sekaligus dan juga mendapatkan dua ijazah dari kedua perguruan tinggi," ungkap Rektor UMS, Prof Dr. Bambang Setiaji, kepada Okezone, di ruang kerjanya, Selasa (18/3/2014).

Mahasiswa peserta kuliah ganda, kata Bambang, akan menempuh enam semester kuliah di UMS. Kemudian, mereka ke Universitas Darwin untuk melanjutkan studi dua semester lainnya.

Bambang mengimbuhkan, kualitas nilai untuk kelulusan mata kuliah yang ditempuh selama belajar di kedua perguruan tinggi adalah sama. Setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan ijazah dari UMS dan Universitas Darwin.

Peminat program ini cukup banyak. Pendaftaran kuliah ganda yang dibuka pada program studi Ilmu Manajemen ini pun tidak berbeda dengan penerimaan regular.

"Dari data penerimaan mahasiswa baru yang masuk, sudah ada sekira 10 pendaftar yang ikut program kuliah ganda Ilmu Manajemen," ujar Bambang.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini