nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UMS Keukeuh Ada Pendidikan Teknik Informatika

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 27 Maret 2014 11:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 03 27 373 961469 KC8cG9fKJi.jpg Kampus UMS. (Foto: dokumentasi UMS)

SOLO - Kendati mata pelajaran Teknik Informatika dihilangkan dari Kurikulum 2013, namun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tetap bersikeras melaunching program studi (prodi) Pendidikan Teknik Informatika.

"Sebelum dilaunching saja sudah ada yang mendaftar sebagai mahasiswa, meski mereka belum bisa diterima karena hasil tes masih di bawah passing grade. Adanya pendaftar itu berarti memang ada peminatnya," ujar Dekan FKIP UMS, Prof Dr. Harun Joko Prayitno kepada Okezone, di Auditorium UMS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (27/3/2014).

Dekan mengakui bahwa passing grade yang ditetapkan memang masih terlalu tinggi. Passing grade masih seperti prodi lama. Sehingga passing gradenya nanti kita sesuaikan dengan prodi yang baru. Adanya penyesuaian itu supaya mereka yang berminat mendaftar Prodi Teknik Informatika bisa masuk.

"Untuk tahun akademik 2014/2015, prodi Pendidikan Teknik Informatika FKIP UMS menerima sebanyak 80 mahasiswa baru terbagi dua kelas," ungkapnya.

Nanti lulusan dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, menurut Harun, diharapkan bukan hanya di pendidikan formal sebagai guru, tetapi juga bisa menjadi trainer atau pelatih, pelayanan, dan bimbingan teknik, dan sebagainya. Bagian-bagian itulah yang perlu ditanamkan.

Soal dihapuskannya pelajaran teknik informatika dari Kurikulum 2013, menurut Dekan FKIP UMS, soal kebijakan itu adalah kebijakan dinamis, kebijakan itu bukan harga mati, dan tidak statis. Sebab kenyataan di lapangan semua hal selalu dikaitkan dengan IT.

"Artinya IT mustinya sudah pada tempatnya tidak hanya dikenalkan sebagai sarana, tetapi dikenalkan sebagai bahan," tandasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini