Share

Keluarga Pastikan Permasalahan Raja Solo Urusan Pribadi

Bramantyo, Okezone · Selasa 30 September 2014 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 511 1046450 MktR6gy2w5.jpg Keluarga Pastikan Permasalahan Raja Solo Urusan Pribadi (ilustrasi)

SOLO - Kerabat Kerajaan Solo, GPH Suryo Wicaksono, meminta, masyarakat bisa membedakan antara-masalah Pakubuwono (PB) XIII yang dituding melakukan pelecehan seksual dengan siswi SMA dengan urusan Kerajaan Solo.

Adik kandung Pakubuwono (PB) XIII itu menilai, kasus tersebut tidak ada hubungannya dengan pihak Keraton Solo. Pasalnya, apa yang dihadapi oleh PB XIII tersebut adalah masalah personal yang tak bisa dikaitkan dengan Keraton Kasunanan.

"Itu masalah personal, pribadi jangan disangkut pautkan dengan Keraton. Meski yang dituduh itu Raja, tapi masalah ini tidak ada hubungannya dengan Keraton," kata pria yang kerap disapa Gusti Nino itu, Selasa (30/9/2014).

Ditanya apakah pihak PB XIII sendiri telah menerima surat pemanggilan pemeriksaan tersebut, Gusti Nino tak mengetahui secara pasti.

"PB XIII yang tahu. Bisa juga sudah menerima surat itu, karena Raja tak mengatakan kalau dirinya telah menerima surat (pemanggilan) itu. Jadi kami tak tahu," tuturnya.

Sementara itu, kasus ini juga tidak akan menghentikan tradisi yang sudah dilakukan Keraton menjelang  perayaan Idul Adha yakni menggelar kirab Grebek Besar.

Dalam tradisi tersebut sepasang gunungan lanang dan gunungan perempuan tetap akan dibagikan kepada masyarakat luas. Selain itu, kirab malam satu suro dan pawai kerbau pusaka milik Keraton beserta pusaka Keraton lainnya.

"Tidak ada pengaruh apapun terhadap event mulud karena event tersebut yang menyelenggarakan Gusti Puger. Raja juga tak biasa hadir di event tersebut," tuturnya. (kem)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini