nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekilas tentang Kelompok Houthi

Ferry Ardiansyah, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2015 20:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 26 18 1124842 sekilas-tentang-kelompok-houthi-RMdrZEcluX.jpg Sekilas Tentang Kelompok Houthi (Foto:Sputnik)

SANAA – Houthi merupakan kelompok bersenjata di Yaman. Kelompok ini memiliki hubungan yang erat dengan Iran karena beraliran Syiah.

Seperti dilansir Sputnik, Kamis (26/3/2015), perjuangan Houthi dimulai pada 2004 ketika pemimpin mereka, Hussein Badreddin Houthi, membentuk kelompok ini dan mengadakan perlawanan kepada Presiden Yaman ketika itu, Ali Abdullah Saleh.

Presiden Ali Abdullah Saleh pun segera mengambil tindakan tegas dengan menangkap Hussein Badreddin Houthi dan menjatuhkan hukuman mati. Selain itu, Kelompok Houthi ditetapkan sebagai organisasi terlarang.

Kelompok Houthi pun kembali ke panggung perpolitikan Yaman ketika Abdul Malik Houthi mengambil alih pimpinan pada 2011. Ia juga segera melakukan perlawanan terhadap musuh utama politiknya yaitu Presiden Ali Abdullah Saleh dan berhasil memaksanya untuk mundur dari jabatan.

Kelompok Houthi memiliki jumlah pengikut yang besar di Yaman. Hal itu dikarenakan mereka melakukan perekrutan terhadap pemuda dari kalangan Syiah di Yaman.

Perlu diketahui, jumlah penganut Syiah di Yaman diperkirakan mencapai 25 juta orang. Jumlah ini merupakan sepertiga dari total penduduk di sana.

Pada awal 2014, Kelompok Houthi berhasil merebut kekuasaan Yaman setelah berhasil menguasai Istana Kepresidenan Yaman dan membentuk pemerintahan sendiri.

Sayangnya, pemerintahan mereka tidak diakui oleh negara-negara Arab, khususnya Arab Saudi. Hingga akhirnya, Arab Saudi memutuskan untuk melakukan serangan udara kepada Kelompok Houthi.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini