nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terminal B Bandara Adisutjipto Jogja Mulai Beroperasi

Selasa 18 Agustus 2015 12:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 08 18 510 1197981 terminal-b-bandara-adisutjipto-jogja-mulai-beroperasi-DjTLgzjXqS.jpg Terminal B Bandara Adisutjipto mulai beroperasi (Foto: Harian Jogja)

SLEMAN – Untuk mengurangi kepadatan penumpang, Terminal B Bandara Adisutjipto, Sleman, Yogyakarta, telah dioperasikan.

Disampaikan oleh General Affair And Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Edwin Wibowo, Terminal B digunakan untuk penerbangan internasional (Airasia dan Silkair) dan penerbangan domestik (Sriwijaya, Nam Air, dan Airfast).

Terminal B terletak 100 meter di sebelah barat Terminal A setelah Gedung Karantina Pertanian. Sementara, untuk penerbangan Garuda, Lion, Citilink, dan Batik Air dilayani di Terminal A.

“Pembangunan Terminal B ditujukan agar penumpang lebih nyaman karena sudah tidak memungkinkan untuk ditampung semua di Terminal A,” kata Edwin.

Menurut dia, Terminal B memiliki luas 6.000 meter persegi. Terminal ini diperkirakan bisa menampung sekitar 600 hingga 700 penumpang kedatangan dan keberangkatan. Ada pun Maskapai Penerbangan Airasia pertama kali menggunakan Terminal B untuk pendaratan pukul 05.30 WIB.

Penerbangan internasional, ujar dia, diberikan tempat di Terminal B karena jadwalnya tidak sepadat penerbangan domestik. Selain itu, jadwal penerbangan dari Maskapai Garuda, Lion, Citilink, dan Batik Air dinilai lebih padat. Terlebih, Terminal B memiliki satu parking set yang bisa digunakan untuk dua penerbangan.

Bangunan yang ada saat ini, ujar dia, tidak akan ada penambahan lagi karena keterbatasan lahan. Kalau pun harus menambah, harus dibicarakan terlebih dahulu dengan Lanud Adisutjipto.

“Terminal ini sudah dibangun sejak lebih dari satu tahun lalu. Saat ini semua fasilitas sudah lengkap,” ujar dia.

Salah satu penumpang, Iwan Syahputra mengatakan tidak keberatan jika harus berjalan agak jauh ke barat. Ia mengaku mendukung pembangunan terminal baru tersebut. “Penumpang pesawat semakin banyak. Justru dengan adanya terminal baru ini jadi lebih nyaman. Tidak berdesak-desakan,” ujar pria yang kerap pergi ke Jakarta ini.

Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Audrey Progastama Petriny dalam berita resminya menyampaikan, operasional maskapai di Bandara Adisutjipto dari Terminal A pindah ke Terminal B, kecuali untuk kedatangan domestik. Seluruh kedatangan domestik akan tetap berada di Terminal A.

Ia menambahkan, konter check-in Airasia untuk penerbangan domestik dan internasional akan berada di barisan pertama (konter satu sampai empat) di Terminal B. “Seluruh penerbangan dari dan menuju DIY tetap beroperasi normal dan sesuai jadwal,” ujar dia.

AirAsia, lanjut dia, saat ini mengoperasikan tiga rute domestik dan tiga rute internasional dari dan menuju DIY. AirAsia melayani penerbangan domestik menuju Jakarta (tiga kali sehari), Bali (dua kali sehari), dan Medan (satu kali sehari). AirAsia juga mengoperasikan penerbangan langsung ke Kuala Lumpur (dua kali sehari), Singapura (satu kali sehari), dan Johor Bahru (empat kali seminggu).

“Seluruh pelanggan Airasia disarankan untuk tiba lebih awal di bandara guna memberikan waktu yang cukup untuk menjalani seluruh prosedur keberangkatan di terminal yang baru,” ungkap dia.

(rtw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini