Share

China Akhiri Kebijakan Satu Anak Satu Keluarga

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 29 Oktober 2015 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 29 18 1240425 china-akhiri-kebijakan-satu-anak-satu-keluarga-uMljNUJUmr.jpg China akan mengakhiri kebijakan satu anak satu keluarga dan memperbolehkan pasangan suami-istri memiliki dua anak (Foto: AFP)

BEIJING – Pemerintah China akan mengakhiri kebijakan satu anak satu keluarga. Pengumuman ini disampaikan oleh Partai Komunis China yang dikutip oleh kantor berita China, Xinhua. Pasangan suami-istri akan diperbolehkan untuk mempunyai dua anak.

Kebijakan satu anak satu keluarga mulai diperkenalkan pada 1979. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk menekan angka kelahiran bayi dan mengendalikan pertumbuhan populasi. Kebijakan tersebut telah berhasil mengurangi angka kelahiran China hingga 400 juta kelahiran sampai saat ini.

Keluarga atau pasangan yang melanggar kebijakan ini akan mendapatkan hukuman yang berbeda-beda. Hukuman dapat berupa denda atau bisa dikeluarkan dari pekerjaan.

Namun, semakin menuanya populasi di China menimbulkan kekhawatiran di kalangan ahli demografi dan sosiologi. Saat ini sekira 30 persen penduduk di Negeri Tirai Bambu berusia lebih dari 50 tahun. Menurunnya jumlah penduduk berusia produktif dapat berakibat melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Seperti dilaporkan BBC, Kamis (29/10/2015), Partai Komunis China sudah mulai membahas kelonggaran kebijakan sejak dua tahun lalu. Kebijakan baru tersebut memungkinkan pasangan suami-istri untuk memiliki anak kedua apabila salah satu dari pasangan tersebut merupakan anak tunggal.

Pengumuman tersebut muncul pada hari terakhir Rapat Akbar Partai Komunis China dengan agenda membahas target pertumbuhan ekonomi dan rencana dalam lima tahun ke depan. Mereka diprediksi akan mengumumkan kebijakan baru tersebut dalam waktu dekat secara resmi.

Meski begitu, diprediksi sebagian besar pasangan suami-istri tetap akan memilih untuk memiliki satu orang anak saja.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini