Share

Hillary Simpan Email Rahasia Negara, Menlu AS Ogah Publikasi

Randy Wirayudha, Okezone · Sabtu 30 Januari 2016 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 30 18 1300987 hillary-simpan-email-rahasia-negara-menlu-as-ogah-publikasi-iWWmISqLU4.jpg Hillary Diane Rodham Clinton (Foto: Brian Snyder/REUTERS)

WASHINGTON DC – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), John Kerry, menolak membeberkan atau mempublikasikan rahasia negara (top secret) seperti apa yang terdapat dalam email atau surat elektronik Hillary Clinton.

Jumat, 29 Januari 2016 kemarin, Kemenlu AS mendapati sejumlah material atau soft copy, terkait 22 email dari server internet di rumah Hillary, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat.

Diketahui, 22 email Hillary yang berisi 37 halaman, itu ternyata berisi sejumlah konten rahasia negara. “Puluhan halaman itu memang tak bertanda ‘rahasia’ saat dikirimkan. Tapi halaman-halaman itu kini sudah ditangan pihak intelijen,” ungkap juru bicara Kemenlu AS, John Kirby.

“Dokumen-dokumen itu saat ini tengah di-upgrade atas permintaan pihak intelijen, karena dokumen-dokumen itu mengandung informasi yang terkategorikan rahasia negara,” lanjutnya.

Menlu Kerry pribadi sudah mengonfirmasi hal ini dan dicemaskan, dalam dokumen-dokumen itu terdapat rahasia ketika Hillary menjabat Menlu atau Ibu Negara, yang berbahaya jika diketahui pihak asing.

“Saya tidak bisa berbicara secara spesifik tentang apapun, terkait teknis dan kontennya atau pun terkait server pribadinya, karena itu bukan tugas kami,” ungkap Kerry, sebagaimana dilansir ITV, Sabtu (30/1/2016).

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini