Image

Kafe Pemuja Putin & Tisu Toilet Bergambar Wajah Obama

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 08 April 2016 09:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 08 18 1357259 kafe-pemuja-putin-tisu-toilet-bergambar-wajah-obama-G7xgAwyvaR.jpg Svetlana Lautman, pendiri kafe bertema Presiden Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin (Foto: kp.ru)

KRASNOYARSK – Presiden Rusia, Vladimir Putin begitu banyak dipuja warga Negeri Beruang Merah. Salah satu pemujanya Svetlana Lautman yang sampai-sampai, mendirikan sebuah kafe yang terinspirasi dari The Gray Cardinal.

Terlepas dari beragam isu yang menerpa Rusia soal sanksi Eropa atau isu keterlibatan Putin dalam skandal Panama Papers, Svetlana keukeuh mendirikan tempat kuliner bertemakan Putin di Krasnoyarsk, sekaligus berniat memperkuat patriotisme di antara warga Rusia lainnya.

“Inspirasinya adalah karena kurangnya patriotisme yang kita lihat di sekitar kita. Kami ingin mendukung patriotisme dan membuatnya populer,” sebut Svetlana.

Kafe itu dinamainya “President Cafe”, di mana di pintu depan Svetlana menyediakan sebuah karton bergambar Putin, di mana pengunjung bisa berfoto dengan Putin.

Segala dekorasi kafe itu juga serba Putin. Svetlana memajang sejumlah foto-foto Putin sejak masa muda hingga kini. Sementara interiornya dihiasi bendera Federasi Rusia, serta beragam wallpaper yang menggambarkan sejarah Rusia.

Di daftar menu, Svetlana menempelkan gambar Putin tengah menunggangi sebuah beruang. Seakan masih kurang patriotik, Svetlana juga memakaikan seragam t-shirt bertuliskan “Putin’s Team” kepada para pelayan kafenya.

Jika waktu sudah beranjak tengah malam, kafe tersebut akan memainkan lagu kebangsaan Rusia dan semua pengunjung, diharapkan berdiri untuk menghormatinya.

“Apapun kondisi para tamu kami di saat itu, mereka menyanyikan lagu kebangsaan, jika mereka hafal liriknya. Kami berusaha menciptakan atmosfer yang istimewa dan mendorong para pengunjung untuk bicara politik,” imbuhnya, dilansir Daily Star, Jumat (8/4/2016).

Jika ada yang dipuja, maka ada pula yang dibenci. Untuk urusan ini, Svetlana menempatkan berbagai gambar “musuh-musuh” Rusia macam NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, di area toilet.

Lantai toilet dihiasi logo NATO, sementara tisu toiletnya bergambar sang Presiden AS, agar nantinya para tamu usai buang air bisa membersihkan diri dengan tisu berwajah Obama.

Sedangkan di dinding toilet kafe itu, turut ditempeli beragam poster pemimpin-pemimpin negara barat lainnya, termasuk Kanselir Jerman, Angela Merkel.

“Toiletnya dihiasi gambar-gambar Merkel, Obama dan presiden-presiden negara lain yang mendukung sanksi terhadap Rusia. Siapapun yang ingin menuliskan sesuatu di poster-poster itu, silakan saja,” tandasnya.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini