Hadiah Ulang Tahun Putin, Nyanyian SBY hingga Anak Harimau

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 08 Oktober 2016 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 08 18 1509603 hadiah-ulang-tahun-putin-nyanyian-sby-hingga-anak-harimau-Cdrjl0g8SR.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Maxim Shemetov/Reuters)

VLADIMIR Vladimirovich Putin merayakan ulang tahunnya yang ke-64 pada 7 Oktober 2016. Pria berjuluk Grey Cardinal itu diberi hadiah berupa buket berisi 450 tangkai bunga mawar dari State Duma, Majelis Rendah Rusia.

Berikut beberapa hadiah yang pernah diterima Vladimir Putin dalam ulang tahunnya beberapa waktu lalu:

1. Nyanyian Presiden SBY

Ulang tahun ke-61 Vladimir Putin dirayakan ketika dirinya menghadiri KTT APEC di Bali pada 2013. Sejumlah pemimpin negara yang hadir memberikan ucapan selamat kepada mantan agen KGB itu ketika hendak memulai sesi pada 7 Oktober 2013.

Satu yang spesial, Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyanyikan lagu ‘Happy Birthday To You’ untuk Vladimir Putin, lengkap dengan petikan gitarnya. Para pemimpin lain yang hadir turut bernyanyi dan bertepuk tangan bagi pria kelahiran Saint Petersburg itu.

Merasa terharu, Putin kemudian memuji penampilan SBY serta memeluknya. Menurut pengakuan Putin, ia merayakan ulang tahun secara sederhana, yakni dengan meminum satu gelas vodka –minuman beralkohol khas Rusia– bersama perwakilan dari China.

2. Anjing Labrador dari Sergei Shoigu

Vladimir Putin dihadiahi seekor anjing labrador dari seorang teman yang merupakan Menteri Situasi Darurat Sergei Shoigu pada 2000. Anjing yang diberi nama Konni itu merupakan anjing pertama Vladimir Putin.

(Putin bersama anjing labrador kesayangannya, Konni, saat menyambut Kanselir Jerman Angela Merkel. Foto: Wikipedia)

3. Anjing dari Bulgaria dan Jepang

Vladimir Putin mendapat hadiah dua ekor anjing berbeda ras dari dua negara, yakni Bulgaria dan Jepang. Perdana Menteri Boyko Borisov memberi seekor anak anjing bernama Buffy pada 2010. Vladimir Putin juga mendapat seekor anjing Akita Inu dari Gubernur Prefektur Akita Norihisa Satake atas kontribusinya dalam pemulihan bencana gempa dan tsunami pada 2011. Sebagai balasan, Putin memberi seekor kucing bernama Mir yang berarti ‘damai’ dalam bahasa Rusia.

(Putin bersama Buffy dan Akita Inu. Foto: RIA Novosti)

4. Seekor Anak Harimau Siberia

Hingga hari ini, Vladimir Putin menganggap anak harimau Siberia itu sebagai hadiah ulang tahun paling asli yang pernah diterimanya. Tidak diketahui siapa yang memberi hadiah tersebut untuk Putin pada 2008.

(Putin memamerkan hadiah seekor anak harimau Siberia. Foto: RIA Novosti)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini