nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LPDB Kementerian Koperasi & UKM Dukung Pengembangan KUMKM Banten

Rabu 27 April 2016 17:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 27 542 1374200 lpdb-kementerian-koperasi-ukm-dukung-pengembangan-kumkm-banten-YkfNFnaNvP.jpg Dirut LPDB dengan Dirut Jamkrida Banten Memberikan Cinderamata

BANTEN – Dalam acara Promosi Kemitraan Dunia Usaha dan Intermediasi Perbankan bagi Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, LPDB-KUMKM (Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah menyatakan mendukung penuh pengembangan Koperasi dan UKM di Provinsi Banten. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama LPDB Kemas Danial.

"Salah satu kendala utama untuk mengembangkan usaha KUKM adalah modal," ujar Kemas.

LPDB-KUMKM adalah satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM yang bertugas untuk mengelola dana bergulir dalam bentuk pinjaman/pembiayaan dengan bunga rendah untuk pengembangan usaha para pelaku KUKM.

"Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB siap untuk membantu permodalan pada KUKM dengan syarat yang mudah dan bunga yang rendah," tambah Kemas.

Sampai saat ini LPDB telah menyalurkan dana bergulir lebih dari Rp7 triliun ke 4.000 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. "Khusus untuk Provinsi Banten, LPDB telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp67,05 miliar kepada 49 mitra," lanjut Kemas.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara LPDB dengan Jamkrida Banten.

Deputi Menteri Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo mengatakan, penandatanganan PKS antara LPDB dengan Jamkrida Banten ini merupakan bukti konkret keberpihakan pemerintah terhadap kebutuhan permodalan KUKM.

Sementara Gubernur Banten Rano Karno dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh LPDB dengan Jamkrida Banten. "Dengan adanya kerjasama ini dapat mempermudah para pelaku Koperasi dan UKM, khususnya yang berada di Provinsi Banten, untuk mengakses dana bergulir LPDB."

Sebagai informasi, tarif layanan atau bunga yang diberikan LPDB adalah sebesar 0,2 persen per bulan untuk koperasi yang bergerak di bidang sektor riil, dan 0,3 persen per bulan untuk koperasi di sektor simpan-pinjam dengan jangka waktu pinjaman antara tiga sampai lima tahun.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini